Sukses

Media Korut: Kim Jong-un Janji Lebih Meningkatkan Pencegahan Perang Nuklir

Petemuan ini akan berlangsung di tengah perundingan denuklirisasi dengan Amerika Serikat, media pemerintah KCNA mengatakan pada hari Minggu, 24 Mei 2020.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjadi tuan rumah pertemuan militer untuk membahas kebijakan baru guna meningkatkan kemampuan nuklir negara itu.

Petemuan ini akan berlangsung di tengah perundingan denuklirisasi dengan Amerika Serikat, media pemerintah KCNA mengatakan pada hari Minggu, 24 Mei 2020.

Pertemuan Komisi Militer Pusat yang berkuasa dari Partai Buruh yang berkuasa menandai penampilan publik pertama Kim Jong-un dalam tiga minggu, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (24/5/2020).

Dia melakukan sejumlah kecil kunjungan luar biasa dalam dua bulan terakhir di tengah kekhawatiran Virus Corona COVID-19.

Korea Utara telah memberlakukan langkah-langkah anti-Virus Corona COVID-19 yang ketat meskipun ia mengatakan tidak memiliki kasus yang dikonfirmasi.

Ini mengikuti spekulasi kuat tentang kesehatan Kim Jong-un bulan lalu. Negosiasi yang dipimpin AS bertujuan untuk membongkar program nuklir dan rudal Korea Utara telah membuat sedikit kemajuan sejak akhir tahun lalu, terutama setelah pertempuran global mengenai Virus Corona dimulai.

Pertemuan itu membahas langkah-langkah untuk meningkatkan angkatan bersenjata dan "secara andal mengandung ancaman militer besar atau kecil yang terus-menerus dari pasukan musuh," kata KCNA.

"Yang ditetapkan dalam pertemuan itu adalah kebijakan baru untuk lebih meningkatkan pencegahan perang nuklir dan menempatkan pasukan bersenjata strategis pada operasi siaga tinggi," katanya.

"Diambil dalam pertemuan itu adalah langkah-langkah penting untuk meningkatkan kemampuan serangan senjata dari artileri.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Diisukan Meninggal

Wajah Kim Jong-un muncul di layar kaca untuk pertama kali pada 2 Mei 2020, setelah berbagai isu buruk menerpa dirinya.

Isu yang buat geger di mana sang diktator dikabarkan sakit parah sekaligus meninggal dunia. Nama-nama calon penggantinya pun turut diberitakan.

Kim Jong-un muncul di hadapan publik pada 2 Mei 2020 lalu tepat pada perayaan Hari Buruh atau May Day.

Kala itu ia meresmikan pabrik pupuk yang dianggap sebagai kebanggaan dari Korea Utara. Ada sejumlah fakta menarik yang muncul terkait kemunculan Kim Jong-un. Mulai dari ekspresi hingga anggapan pengamat tentang pabrik pupuk yang dinilai punya tujuan ganda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.