Sukses

Ini Waktu yang Dibutuhkan hingga Bisa Sembuh dari Virus Corona COVID-19

Kemungkinan sembuh dari Virus Corona COVID-19 tentu ada, namun berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat pulih sepenuhnya?

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona COVID-19 baru muncul pada akhir tahun 2019, tetapi sudah ada tanda-tanda bahwa perlu beberapa waktu bagi bagi beberapa pasien untuk kembali ke kesehatan penuh.

Melansir laman BBC, Sabtu (18/4/2020), waktu pemulihan akan tergantung pada seberapa sakit Anda. Beberapa orang akan mampu pulih dari penyakit dengan cepat, tetapi bagi orang lain itu bisa meninggalkan masalah yang abadi.

Masalah usia, jenis kelamin, dan masalah kesehatan lainnya meningkatkan risiko sakit yang lebih serius pada Virus Corona COVID-19.

Semakin invasif perawatan yang Anda terima, dan semakin lama dilakukan, semakin lama pemulihan akan terjadi.

Kebanyakan orang yang terinfeksi COVID-19 hanya akan mengalami gejala utama seperti batuk atau demam. Tetapi mereka bisa mengalami sakit tubuh lainnya, merasa kelelahan, sakit tenggorokan dan sakit kepala.

Batuk awalnya terlihat kering, tetapi beberapa orang akhirnya akan mulai mengalami batuk berlendir yang mengandung sel-sel paru-paru mati yang terbunuh oleh virus.

Gejala-gejala ini diobati dengan istirahat penuh (bed rest), banyak cairan dan penghilang rasa sakit seperti parasetamol.

Orang dengan gejala ringan biasanya mengalami pemulihan yang baik dan cepat.

Demam dapat mereda dalam waktu kurang dari satu minggu, meskipun batuk mungkin masih ada.

Sebuah analisis data Tiongkok oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan rata-rata butuh dua minggu untuk pulih.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyakit dengan Gejala Serius

Penyakit ini bisa menjadi jauh lebih serius bagi sebagian orang. Ini cenderung terjadi sekitar tujuh hingga 10 hari setelah infeksi.

Transformasi bisa terjadi tiba-tiba. Bernafas menjadi sulit dan paru-paru meradang. Ini karena meskipun sistem kekebalan tubuh berusaha melawan, tubuh  sebenarnya bereaksi berlebihan dan juga mengalami kerusakan tambahan.

Beberapa orang perlu dirawat di rumah sakit untuk melakukan terapi oksigen.

Seorang dokter bernama Sarah Jarvis mengatakan: "Napas yang pendek mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diperbaiki ... tubuh sudah pulih dari bekas luka dan peradangan."

Dia mengatakan butuh waktu dua hingga delapan minggu untuk pulih, dengan kelelahan yang masih ada.

WHO memperkirakan satu dari 20 orang akan membutuhkan perawatan perawatan intensif, yang dapat dibius dan memakai ventilator.

Butuh waktu untuk pulih dari pengobatan apa pun di unit perawatan intensif atau kritis (ICU), apa pun penyakitnya. Pasien biasanya dipindahkan ke bangsal biasa sebelum pulang.

Dr Alison Pittard, Dekan Fakultas Kedokteran Perawatan Intensif, mengatakan perlu waktu 12 hingga 18 bulan untuk kembali normal setelah berada dalam perawatan kritis.

Menghabiskan waktu yang lama di ranjang rumah sakit menyebabkan hilangnya massa otot. Pasien akan lemah dan otot akan membutuhkan waktu untuk terbangun kembali. Bahkan, beberapa orang akan memerlukan fisioterapi untuk berjalan lagi.

Karena apa yang tubuh alami di ICU, ada juga kemungkinan delirium dan gangguan psikologis.

"Tampaknya ada unsur tambahan pada penyakit in, kelelahan akibat virus jelas merupakan faktor yang sangat besar," kata Paul Twose, ahli fisioterapi perawatan kritis di Cardiff and Vale University Health Board.

Ada laporan dari Tiongkok dan Italia tentang kelemahan seluruh tubuh, sesak napas setelah setiap tingkat tenaga, batuk terus-menerus dan pernapasan tidak teratur. Ditambah lagi perlu banyak tidur.

"Kami tahu pasien membutuhkan waktu yang cukup lama, berpotensi berbulan-bulan, untuk pulih."

Tetapi sulit untuk menggeneralisasi. Beberapa orang menghabiskan waktu yang relatif singkat dalam perawatan kritis, sementara yang lain diventilasi selama berminggu-minggu.

3 dari 4 halaman

Adakah Pengaruh Virus Corona untuk Kesehatan Jangka Panjang?

Belum ada yang tahu pasti jawabannya karena tidak ada data jangka panjang. Namun, seorang dokter mencoba menjelaskannya. 

Sindrom gangguan pernapasan akut (disebut Ards) berkembang pada pasien yang sistem kekebalannya mengalami overdrive, menyebabkan kerusakan pada paru-paru.

"Ada data yang sangat bagus bahwa, bahkan lima tahun ke depan, orang dapat mengalami kesulitan fisik dan psikologis yang berkelanjutan," kata Twose.

Dr James Gill, seorang dokter umum dan dosen di Warwick Medical School, mengatakan orang juga membutuhkan dukungan kesehatan mental untuk meningkatkan pemulihan.

"Kamu sulit bernapas, lalu dokter berkata, 'Kita perlu memakai ventilator. Kita harus membuatmu tidur. Apakah kamu ingin mengucapkan selamat tinggal kepada keluargamu?'.

"PTSD [gangguan stres pascatrauma] pada pasien yang paling parah ini tidak mengejutkan. Akan ada banyak luka psikologis yang signifikan bagi banyak orang."

Masih ada kemungkinan bahwa bahkan beberapa kasus ringan dapat meninggalkan pasien dengan masalah kesehatan jangka panjang, seperti kelelahan.

4 dari 4 halaman

Bisakah Terinfeksi Kedua Kalinya?

Ada banyak spekulasi, tetapi sedikit bukti, tentang seberapa tahan kekebalannya. Jika pasien telah berhasil melawan virus, mereka harus membangun respon imun.

Laporan pasien yang terinfeksi dua kali mungkin hanya terdeteksi salah terekam bahwa mereka bebas dari virus.

Pertanyaan kekebalan sangat penting untuk memahami apakah orang dapat terinfeksi kembali dan seberapa efektif vaksin apa pun yang diberikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.