Sukses

Malaysia Lakukan Disinfeksi Nasional Cegah Virus Corona COVID-19

Pemerintah Malaysia juga melarang pertemuan massa, termasuk acara keagamaan, olahraga, sosial, dan budaya.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Otoritas di Malaysia telah memulai melakukan disinfeksi secara nasional sebagai langkah menekan angka penyebaran pandemi Virus Corona COVID-19. Proses penyemprotan dilakukan pada hari ini.

Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) pada Minggu 29 Maret melakukan latihan desinfeksi massal, khususnya di sekitar daerah Sri Petaling di mana pertemuan keagamaan di sebuah masjid pada Februari lalu.

Selama di Perak, pemerintah setempat telah melakukan operasi desinfeksi di berbagai area seperti pasar umum, taman, tempat ibadah dan kantor polisi.

Stasiun kereta Ipoh dan markas polisi distrik Tapah didesinfeksi oleh unit Bahan Berbahaya dan Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Minggu. Operasi pembersihan serupa yang berfokus pada pasar, toilet umum, warung makan, stasiun bus dan dermaga juga terjadi di Selangor, Melaka, dan Johor.

Pemerintah Malaysia juga melarang pertemuan massa, termasuk acara keagamaan, olahraga, sosial dan budaya guna menekan penyebaran Virus Corona COVID-19.

Sekolah, universitas dan bisnis juga ditutup. Orang-orang hanya diperbolehkan meninggalkan rumah mereka memberi kebutuhan pokok dan layanan penting perawatan medis.

Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yaakob mengatakan, fase kedua penyemprotan akan dimulai pada 1 April mendatang. Saat proses, pembatasan ketat akan diberlakukan.

Sementara itu, kepala polisi negara itu Abdul Hamid Bador mengatakan akan mengerahkan drone untuk memantau orang-orang di daerah Sungai Lui di distrik Hulu Langat di Selangor.

"Drone akan memungkinkan kita memantau orang dan area secara komprehensif," kata Inspektur Jenderal Polisi.

"Sejauh ini, warga memberikan kerja sama penuh mereka karena mereka menyadari bahwa upaya oleh pihak berwenang adalah untuk kesejahteraan mereka sendiri," tambahnya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lockdown Malaysia

Sejak lima hari lalu, Malaysia mengumumkan perpanjangan perintah gerakan terbatas selama pandemi Virus Corona COVID-19. Sebelumnya diinformasikan berakhir pada 31 Maret 2020 tetapi sekarang akan berlangsung hingga 14 April.

"Perpanjangan itu diperlukan untuk meratakan kurva infeksi dan mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19, yang sejauh ini telah menyebabkan 1.624 kasus di Malaysia - yang tertinggi di Asia Tenggara," kata Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam pidato yang disiarkan televisi seperti dikutip dari SCMP.

"Anda tahu bahwa ini baik untuk Anda, keluarga Anda, dan orang-orang di sekitar Anda. Kesadaran dan ketulusan Anda dalam mematuhi aturan yang diberlakukan oleh pemerintah selama periode Movement Control Order atau Orde Kontrol Gerakan ini sangat terpuji," kata Muhyiddin, seraya menambahkan bahwa ia tahu hal itu tidak mudah.

PM Muhyiddin juga meminta warga Malaysia untuk menahan diri dari aksi panic buying di tengah pandemi Virus Corona COVID-19.

"Anda tidak memerlukan persediaan makanan yang tidak perlu karena persediaannya cukup," katanya.

"Saya jamin makanan itu cukup untuk semua orang. Saya tahu Anda merasa terbebani, tetapi saya tidak punya pilihan. Saya harus memperpanjang Movement Control Order untuk keselamatan Anda sendiri."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.