Sukses

AS Kehilangan 36 Juta Pohon Tiap Tahun, Kerugian Capai Rp 1,3 Triliun

Liputan6.com, Amerika Serikat - Penelitian terbaru mengungkap, pohon dapat menurunkan suhu siang hari pada musim panas sebanyak 10 derajat fahrenheit. Namun, pohon di kota-kota Amerika Serikat saat ini justru menyusut.

Dilansir CNN, Rabu (18/09/2019), sebuah studi yang diterbitkan Dinas Kehutanan AS pada 2019, menemukan Negeri Paman Sam telah kehilangan 36 juta pohon setiap tahun dari komunitas perkotaan dan pedesaan selama periode lima tahun. 1% menurun dari 2009 hingga 2014.

Jika masalah ini berlanjut, "kota-kota akan menjadi lebih panas, lebih tercemar, dan umumnya lebih tidak sehat bagi penduduk," kata David Nowak, ilmuwan senior Dinas Kehutanan AS dan penulis pendamping penelitian ini.

Nowak mengatakan, ada banyak alasan kenapa jumlah pohon di AS menurun, termasuk angin topan, tornado, kebakaran, serangga, dan penyakit. "Kami melihat tutupan pohon ditukar dengan tutupan kedap air, yang berarti ketika kami melihat foto-foto, apa yang ada sekarang diganti dengan tempat parkir atau bangunan," kata Nowak.

Lebih dari 80% populasi AS tinggal di daerah perkotaan, dan sebagian besar orang Amerika tinggal di kawasan hutan di sepanjang pantai Timur dan Barat. "Setiap kali kita meletakkan jalan, kita meletakkan sebuah bangunan dan kita menebang pohon atau menambahkan pohon, itu tidak hanya mempengaruhi situs itu, tapi juga mempengaruhi wilayah.”

Studi ini memberi nilai pada hilangnya pohon berdasarkan peran pohon dalam menghilangkan polusi udara dan konservasi energi. Nilai yang hilang mencapai US$ 96 juta atau Rp 1,3 triliun per tahun.

2 dari 5 halaman

Manfaat Pohon

Nowak membuat 10 daftar bagaimana pohon dapat bermanfaat kepada masyarakat:

1. Pengurangan panas: Pohon memberikan keteduhan untuk rumah, gedung perkantoran, taman dan jalan, serta menjadi pendingin suhu permukaan. Mereka juga mengambil dan menguapkan air, mendinginkan udara di sekitar mereka.

Menurut penelitian terbaru dalam Prosiding National Academy of Sciences, untuk mendapatkan manfaat suhu penuh, tutupan tajuk pohon harus melebihi 40% dari area yang akan didinginkan. “Satu blok kota perlu tertutup setengah oleh jaringan ranting dan daun hijau yang rimbun,” tulis para penulis.

2. Pengurangan polusi udara: Pohon menyerap karbon dan mampu menghilangkan polutan dari atmosfer.

3. Pengurangan emisi energi: Pohon mengurangi biaya energi sebesar $ 4 miliar per tahun, menurut penelitian Nowak. “Bayangan pohon-pohon di bangunan mengurangi biaya pendingin udara Anda. Jika pohon-pohon itu disingkirkan, maka bangunan Anda memanas, Anda akan menjalankan AC Anda lebih banyak, dan Anda membakar lebih banyak bahan bakar dari pembangkit listrik, sehingga polusi dan emisi naik.”

4. Peningkatan kualitas air: Pohon bertindak sebagai filter air, menyerap air permukaan yang kotor dan menyerap nitrogen dan fosfor ke dalam tanah.

5. Reduksi banjir: Pohon mengurangi banjir dengan menyerap air dan mengurangi limpasan ke sungai.

6. Pengurangan kebisingan: Pohon dapat membelokkan suara. Mereka juga dapat menambahkan suara melalui kicauan burung dan angin bertiup melalui dedaunan, suara-suara yang telah menunjukkan manfaat psikologis.

7. Perlindungan dari radiasi UV: Pohon menyerap 96% radiasi ultraviolet, kata Nowak.

8. Estetika yang ditingkatkan: Pohon dan daun dapat meningkatkan penampilan dan nilai properti apa pun.

9. Peningkatan kesehatan manusia: Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara paparan terhadap alam dan kesehatan mental dan fisik yang lebih baik. Beberapa rumah sakit telah menambahkan pandangan pohon dan penanaman untuk pasien sebagai hasil dari studi ini. Dokter bahkan meresepkan jalan-jalan di alam untuk anak-anak dan keluarga karena terbukti bahwa paparan alam mampu menurunkan tekanan darah dan hormon stres. Dan penelitian telah menyatakan bahwa tinggal di dekat area hijau akan membuat tingkat kematian yang lebih rendah.

10. Habitat satwa liar: Burung bergantung pada pohon untuk berteduh, makanan, dan bersarang. Di seluruh dunia, hutan menyediakan keragaman besar kehidupan hewan.

3 dari 5 halaman

Rencana untuk Pohon

Nowak mengatakan pohon juga memiliki kerugian, seperti alergi serbuk sari atau cabang besar yang jatuh dalam badai, “dan orang tidak suka menyapu daun.”

Tapi, katanya, ada cara kota dan kabupaten bisa mengelola pohon untuk membantu masyarakat berkembang.

Nowak mengatakan mereka dapat merancang dan mengelola kanopi pohon di kota-kota mereka untuk membantu “memengaruhi udara, memengaruhi air, dan memengaruhi kesejahteraan kita.” Demikian dikutip dari CNN, Kamis (12/12/2019).

“Banyak pohon kami yang tidak dapat menemukan tempat untuk menjatuhkan biji agar mereka dapat beregenerasi,” jelas Greg Levine, direktur eksekutif untuk Trees Atlanta.

“Itu sebabnya masyarakat harus masuk dan benar-benar menanam pohon karena daerah itu sudah tidak alami lagi.”

Pekerjaan tidak selesai saat anakan berakar. Organisasi seperti Trees Atlanta dan sukarelawan merencanakan sebagian besar tahun mereka untuk merawat pohon-pohon muda ini sampai mereka cukup dewasa untuk berkembang dengan sendirinya.

“Kami mencoba memangkas pohon selama 10 tahun untuk memastikan mereka mendapatkan struktur sehat yang baik.” Levine menambahkan. “Kami juga menambahkan mulsa di sekitar pohon untuk membantu menjaga kelembaban di tanah agar pohon tidak mengering. Kami harus memiliki banyak kesabaran dengan menanam pohon di sekitar trotoar, memastikan bahwa mereka dapat mengatasi tantangan.”

4 dari 5 halaman

Cara Hentikan Hilangnya Pohon

Lindungi apa yang Anda miliki: Nowak mengatakan langkah pertama adalah merawat pohon di properti Anda sendiri.

Pangkas bagian yang mati dari pohon: Jika mereka cukup kecil, lakukan sendiri atau sewa perusahaan. Risiko tungkai yang merusak rumah Anda akan berkurang secara signifikan ketika ada pemeliharaan pohon, kata Nowak.

Perhatikan di mana pohon Anda mungkin bermasalah: Seringkali, Anda dapat mengamati ketika ada sesuatu yang salah, seperti ketika cabang kehilangan daun dan pecah atau ketika jamur tumbuh di pangkalan atau di pohon. Anda juga dapat menyewa ahli arborist atau kanopi pohon untuk menilai kesehatan pohon Anda secara tahunan. Anda juga dapat menghubungi kantor penyuluhan pertanian setempat untuk meminta saran.

Jangan pindahkan pohon-pohon tua jika tidak diperlukan: Sebaliknya, coba ambil tindakan yang lebih kecil seperti membuang cabang. "Dibutuhkan waktu yang lama untuk pohon-pohon besar ini untuk menjadi besar: 50 hingga 100 tahun. Dan begitu mereka tumbuh, mereka dapat hidup lama. Tetapi mengeluarkan pohon besar dan mengatakan 'kami akan menanam kembali,' tidak akan menjamin pohon kecil itu berhasil, dan akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh. "

Biarkan pohon tumbuh di properti Anda: Meskipun estetika setiap orang berbeda, ini adalah cara murah untuk mendapatkan pekarangan yang lebih dingin dan menurunkan tagihan energi. Ini juga merupakan pendekatan yang murah untuk pengendalian banjir dan kebisingan.

Mendidik diri sendiri tentang pohon dan terlibat: Banyak kota memiliki peraturan pohon yang berusaha melindungi pohon yang sangat tua dan signifikan. Anda dapat terlibat dengan menghadiri rapat dewan kota. Anda juga dapat membantu kota Anda menanam pohon dengan bergabung dengan kelompok nirlaba lokal.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sidang Pemakzulan Trump Bisa Pengaruhi Pemilu AS 2020
Artikel Selanjutnya
Eropa Akan Kerja Sama dengan Donald Trump Soal Perdagangan