Sukses

Undang 100 Lebih Pengecek Fakta Dunia, Facebook Gelar Summit Pertama di Markasnya

Facebook menggelar 3PFC Summit, pertemuan tertutup mengundang lebih dari 100 pemeriksa fakta dari sejumlah negara.

Liputan6.com, San Fransisco - Dalam rangka memperluas program pemeriksaan fakta secara signifikan dengan menambahkan mitra dan bahasa baru di seluruh dunia, Facebook menggelar sebuah konferensi. Pertemuan tim cek fakta global pertama ini bertempat di markas Facebook, Hacker Way, Menlo Park, California.

Dalam pertemuan pada 5 hingga 6 November 2019 ini, dua orang perwakilan dari Liputan6.com juga ikut serta.

"Ini (3PFC Summit) akan menjadi pertemuan tertutup lebih dari 100 pemeriksa fakta, editor dan media pemimpin," jelas Keren Goldshlager selaku Integrity Partnership Facebook seperti tertuang dalam situs facebookjournalismproject.

Menurut Keren, saat ini Facebook tengah memperluas kemitraan yang ada. "Kami sekarang bermitra dengan 56 organisasi yang memeriksa fakta konten dalam 44 bahasa."

Sebagai platform, Facebook dirancang untuk memberikan suara kepada orang-orang. Untuk memastikan bahwa informasi yang salah tidak menjadi viral, kami bermitra dengan organisasi pemeriksa fakta pihak ketiga untuk mengatasi tantangan yang terus berkembang ini. Semua mitra kami disertifikasi oleh  International Fact-Checking Network (IFCN) atau Jaringan Pengecekan Fakta Internasional, yang mempertahankan Code of Principles editorial mencakup standar seperti nonpartisanship dan transparansi sumber.

"Bagian penting dari program kami adalah bertemu dengan mitra kami di negara atau wilayah mereka untuk mendengar lebih banyak tentang pekerjaan mereka, yang membantu menginformasikan bagaimana strategi kami harus berkembang. Pada tahun 2019, kami menyelenggarakan five roundtables - acara intim yang dirancang untuk mendorong komunikasi langsung antara organisasi pemeriksa fakta dan tim Facebook."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertemuan dengan Mitra Pemeriksan Fakta di Seluruh Dunia

Sebelumnya pada Februari 2019, Facebook juga telah menggelar acara pertemuan dengan mitra dari Indonesia dan Filipina di Singapura. Lalu  ke New Delhi, India untuk bertemu tim cek fakta Negeri Bollywood.

"Tahun ini, kami memperluas program kami di India menjadi 8 mitra dan 12 bahasa, memberikan liputan mendalam sebelum pemilihan umum mereka," jelas Keren.

Lalu pada April, Facebook menyelenggarakan roundtables di Brussels, Belgia dengan mitra kami dari Eropa dan Timur Tengah.

Sejumlah mitra baru berasal dari Lithuania, Irlandia Utara, Kroasia, Yunani dan Portugal, yang semuanya berpartisipasi dalam FactCheckEU - upaya kolaboratif untuk menghilangkan prasangka kesalahan informasi menjelang Pemilihan EU.

Dua bulan setelahnya, Juni, Facebook melakukan perjalanan ke Cape Town, Afrika Selatan untuk menghadiri Global Fact, konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Jaringan Pengecekan Fakta Internasional.

Pada Agustus di Buenos Aires, Argentina, Facebook bertemu dengan mitra cek fakta di seluruh Amerika Latin. Dalam momen tersebut, didapat pembaruan dari mitra yang memimpin upaya konsorsium, termasuk Reverso di Argentina dan RedCheq yang baru diluncurkan di Kolombia.

 

3 dari 3 halaman

Tujuan Summit Tahun Ini

Demi menuju kemitraan yang lebih maju di masa mendatang, pada tahun 2020. Facebook membahas sejumlah hal dalam 3PFC Summit. Berikut ini di antaranya:

  • Perihal mitra memperluas operasi pengecekan fakta lintas batas
  • Perihal memperluas pemeriksaan fakta ke platform tambahan, seperti Instagram
  • Memeriksa upaya-upaya untuk meningkatkan skala pendekatan kami untuk memerangi informasi yang salah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.