Sukses

Hasil Pemilu Ulang Seri, Warga Israel Bersiap Menghadapi Pemilihan Ketiga

Israel diperkirakan akan menggelar pemilu ketiga, setelah pemilihan ulang sebelumnya berakhir imbang.

Liputan6.com, Tel Aviv - Israel dikabarkan akan melangsungkan pemilu ketiga, dua hari setelah pemilu ulang yang membuahkan hasil imbang. Dua partai politik utama Negeri Zionis ini gagal meraih suara mayoritas di parlemen.

Selain itu, belum ada kejelasan apakah kedua partai tersebut, yang dipimpin petahana Benjamin Netanyahu dan oposisi Benny Gantz, akan berhasil membentuk pemerintah koalisi.

Meski tersedia waktu berpekan-pekan untuk melangsungkan perundingan guna membentuk pemerintah koalisi, persyaratan-persyaratan yang ditetapkan masing-masing partai justru menghalangi perundingan.

Selain itu, kemungkinan juga akan berlarut-larut hingga melampaui tengat waktu, demikian seperti melansir VOA Indonesia, Jumat, 20 September 2019.

Jika kesepakatan untuk membetuk pemerintah koalisi tidak tercapai, rakyat Israel harus bersiap melangsungkan pemilu ketiga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Perolehan Kursi

Dengan hampir semua suara dihitung, Partai Biru dan Putih yang berhaluan tengah, meraih 33 kursi di parlemen yang beranggotakan 120 orang, sementara partai konservatif Netanyahu, Partai Likud, hanya meraih 31 kursi.

Tidak ada satupun partai yang dapat membentuk pemerintahan yang mengontrol sedikitnya 61 kursi tanpa dukungan Avigdor Lieberman dari Partai Yisrael Beitenu.

Akan tetapi, kekukuhannya untuk membentuk pemerintah sekuler akan memaksa keluar sekutu-sekutu kuat Netanyahu, yakni partai-partai ultra-Orthodoks dan sebuah partai relijius lain yang nasionalis.

Benny Gantz dari Partai Biru dan Putih menyatakan kesanggupannya untuk membentuk koalisi, namun tidak menginginkan Netanyahu kembali menjabat sebagai perdana menteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.