Sukses

Dinosaurus Terbesar di Bumi Ini Diklaim Bisa Kirim SMS, Caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di Bumi disebut bisa kirim SMS ke manusia. Bagaimana mungkin?

Dalam program baru yang diluncurkan oleh The Field Museum di Chicago, kerangka tiruan dari titanosaur yang dijuluki Maximo akan mengirimi Anda jawaban atas pertanyaan tentang kehidupan dinosaurus pada masa prasejarah di Patagonia, wilayah yang menjadi bagian dari Argentina dan Chile.

Tak hanya itu, Maximo pun akan menanggapi hal lain yang ingin Anda bicarakan. Ingin tahu warna favorit Maximo? Atau ingin ttahu respons Maximo ketika Anda berswafoto dengannya? Tanyakan saja.

"Proyek yang dinamakan 'Message Maximo' itu bertujuan untuk membuat penggemar dinosaurus secara pribadi terlibat dengan fakta-fakta menyenangkan tentang kehidupan mereka pada masa lampau," kata Andrea Ledesma, manajer proyek 'Message Máximo'.

"Kami ingin menggunakan cara yang menyenangkan bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan Maximo, di satu sisi masih terlibat dengan ilmu yang sebenarnya," imbuh Ledesma kepada Live Science, yang dikutip pada Senin (1/7/2019).

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa menyapa dinosaurus raksasa tersebut? Anda dapat ngobrol dengan Maximo melalui pesan teks di nomor 70221 atau melalui obrolan online di halaman web dino ini.

2 dari 3 halaman

Mesin di Balik Layar

Di balik layar perbincangan tersebut, sebuah chatbot (program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks) sengaja dibentuk untuk menjawab berbagai pertanyaan dalam menanggapi penggemar dinosurus, Ledesma menjelaskan.

Para pemrogram merekayasa chatbot Maximo untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan standar seperti "Dari mana kamu berasal?" dan "Mengapa lehermu begitu panjang?" serta beberapa pertanyaan tak terduga yang kerap dilontarkan pengunjung bocah, misalnya "Apakah kamu menonton 'Jurassic Park'?"

"Maximo juga sanggup menceritakan lelucon. Sejauh ini, tanggapan terhadap persona baru Maximo, adalah positif," aku Ledesma, dengan lebih dari 500 percakapan tercatat dalam peluncuran publik pada 8 Mei 2019.

3 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Maximo

Kerangka Maximo yang dipajang di The Field Museum adalah gips, artinya bukan tulang sebenarnya, yang dibuat dalam bentuk seperti Patagotitan mayorum --sejenis sauropod atau dinosaurus berleher panjang dalam kelompok titanosauria.

Maximo adalah jenis dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di Bumi. Tulang makhluk ini membentang sepanjang 37 kaki (11,2 meter) di lantai utama Field Museum: Stanley Field Hall. Pada ketinggian 28 kaki (8,5 meter), kepala Máximo memuncak di atas jalan yang mengelilingi aula utama.

Ketika hidup, berat tubuh Maximo diperkirakan mencapai 70 ton atau setara dengan 10 gajah Afrika.

Maximo hidup 101 juta tahun yang lalu, selama periode Cretaceous. Makhluk purba ini juga merupakan herbivora.

Maximo sendiri memasuki The Field Museum pada musim panas lalu, mengambil alih tempat yang dulunya dipakai oleh "Sue the T-rex", yang sekarang kini berada di lantai atas gedung tersebut.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pejabat Militer AS: Video Penampakan Diduga UFO Itu Ternyata UAP
Artikel Selanjutnya
Jangan Buang Daun Jambu Biji, Ini 5 Manfaat dan Khasiatnya