Sukses

Terungkap, Ini Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2019

Liputan6.com, Jakarta - Daftar negara-negara paling bahagia di dunia telah dirilis oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan untuk PBB (Sustainable Development Solutions Network for the United Nations). Dari laporan tersebut, terungkap beberapa negara yang  masuk dalam daftar.

Jika selama ini Anda mengira negara hebat pasti bahagia, anggapan itu tidak sepenuhnya tepat. Peringkat teratas nyatanya diraih oleh negara yang tidak memiliki ambisi besar untuk mendominasi perpolitikan global.

Cara mengukur kebahagiaan negara-negara di dunia cukup unik. Jaringan itu menggunakan enam variabel kunci. Di antaranya adalah: pendapatan, kebebasan, kepercayaan, hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

Puncak dari daftar itu diduduki oleh Finlandia, salah satu anggota Uni Eropa. Tidak hanya memiliki ibu kota yang penuh dengan seni tentang memasak dan menghias makanan, negara ini juga merupakan negara paling bahagia selama dua tahun berturut-turut, menurut World Happiness Report terbaru sebagaimana dikutip dari CNN pada Rabu (19/6/2019).

Imigran Paling Bahagia

Ternyata predikat paling bahagia itu tidak hanya diberikan kepada warga lokal semata, namun juga imigran yang berpindah ke Finlandia.

John Helliwell, salah seorang editor laporan tersebut yang juga merupakan profesor emeritus bidang ekonomi di University of British Columbia, mengatakan Finlandia bagaia karena gaya hidup mereka.

"Mereka membayar pajak tinggi untuk asuransi, mereka percaya pada pemerintah mereka, mereka hidup dalam kebebasan dan mereka saling bermurah hati. Mereka saling peduli," kata Helliwell. "Itulah tempat yang ingin didiami orang."

2 dari 4 halaman

10 Besar Negara Paling Bahagia

Daftar negara paling bahagia di dunia 2019 cukup mirip dengan tahun-tahun sebelumnya. Kesepuluh negara teratas dalam daftar, berkompetisi sengit.

Berikut adalah negara-negara paling bahagia di dunia, menurut Sustainable Development Solutions Network for the United Nations:

1. Finlandia

2. Denmark

3. Norwegia

4. Islandia

5. Belanda

6. Swiss

7. Swedia

8. Selandia Baru

9. Kanada

10. Australia

3 dari 4 halaman

Negara Paling Tidak Bahagia

Dari laporan tersebut, diketahui 10 negara paling tidak bahagia di dunia. Sebagian dari negara-negara itu baru selesai atau tengah mengalami pergolakan.

Berikut adalah 10 negara yang dimaksud:

1. Sudan Selatan

2. Republik Afrika Tengah

3. Afghanistan

4. Tanzania

5. Rwanda

6. Yaman

7. Malawi

8. Suriah

9. Bostwana

10. Haiti

4 dari 4 halaman

Berapa Peringkat AS?

Ternyata, negara besar dunia yang memiliki kekuatan bombastis dalam militer dan politik tidak termasuk dalam peringkat 10 besar. Amerika Serikat berada di tempat ke-19, turun satu peringkat sejak tahun lalu.

Kecuali dari aspek pendapatan, AS tidak masuk peringkat 10 besar dalam variabel lain yang dijadikan tolok ukur daftar negara paling bahagia.

Negeri Paman Sam berada pada peringkat ke-12 dalam aspek kedermawanan, tempat ke-37 untuk dukungan sosial, tempat ke-61 untuk kebebasan dan tempat ke-42 untuk kepercayaan karena adanya korupsi.

 

Loading