Sukses

Ngeri, Seekor Laba-Laba Bersarang di Dalam Telinga Pria China Ini

Liputan6.com, Yangzhou - Seorang pria di China timur baru-baru ini mengunjungi rumah sakit dengan keluhan "sensasi merayap" di telinga kanannya. Setelah diperiksa, dokter menemukan seekor laba-laba yang bersarang di dalamnya.

Serangga kecil itu menganyam jaring yang menutupi seluruh saluran telinga pasien, demikian seperti dikutip dari Live Science, Selasa (14/5/2019).

Dokter Zhang Pan dari Rumah Sakit Afiliasi Universitas Yangzhou merawat pria itu, memasukkan endoskop ke telinganya dan merekam serangga penyusup berkaki delapan. Rekaman itu kemudian dibagikan secara online oleh Newsflare pada 8 Mei 2019.

Video itu memperlihatkan sebuah tabung turun endoskop jauh ke dalam telinga pria itu, memperlihatkan seekor laba-laba kecil berjongkok dengan sangat nyaman di dekat membran timpani, atau gendang telinga.

Filamen pucat dari jaring-nya terlihat dekat --meskipun tampaknya belum berhasil memerangkap apa pun.

Dokter Zhang memberi tahu The Sun bahwa laba-laba itu sangat kecil sehingga dia tidak bisa melihatnya hingga ia harus memasukkan endoskop.

Dia pertama kali mencoba untuk mengambil laba-laba dari saluran telinga dengan sepasang pinset, tetapi itu lolos darinya; Zhang kemudian berhasil menyiram laba-laba dengan metode salinasi (menyemprotkan cairan garam), The Sun melaporkan.

Karena pasien mencari perawatan dengan begitu cepat, tidak ada kerusakan pada gendang telinganya, kata Dokter Zhang kepada The Sun. Namun, nasib si laba-laba setelah disemprot cairan garam mungkin tak seberuntung inangnya.

2 dari 3 halaman

Kasus Serupa

Kasus laba-laba dan serangga yang tinggal di telinga manusia jarang terjadi - meskipun, mungkin tidak cukup langka.

Seorang anak laki-laki dari Connecticut yang mengeluh dengung di telinganya baru-baru ini ditemukan memiliki kutu yang menempel pada gendang telinganya.

Sementara di Florida tahun lalu, seorang perempuan terbangun dari tidur nyenyak untuk menemukan kecoak telah menginvasi telinganya.

Dan pada tahun 2017, seorang pria di China yang menderita sakit telinga parah menemukan bahwa ia memiliki penyebab yang sangat tidak mungkin: tokek hidup - walaupun sangat, sangat kecil - yang meringkuk di saluran telinganya.

 

3 dari 3 halaman

Kata Dokter Soal Pertolongan Pertama Jika Serangga Masuk Telinga

Pernah merasa telinga sakit karena kemasukan serangga? Jika Anda pernah mengalaminya, Anda tidak sendiri. Sebab kasus ini umum dialami tanpa kita sadari dan biasanya terjadi saat sedang tidur.

Seperti disampaikan Spesialis Telinga Hidung Tenggorok RS Khusus THT-Bedah KL Proklamasi, Prof. Dr. Zainul A. Djafaar, Sp THT-KL(K), ada cara mudah yang bisa dilakukan bila ada binatang yang dicurigai masuk ke telinga, salah satunya menggunakan baby oil.

"Jika ada binatang masuk, hal pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan minyak yang sifatnya aman dan tidak iritatif seperti baby oil atau obat antiseptik untuk mengobati luka dan mencegah infeksi seperti betadine. Jangan gunakan minyak kayu putih, minyak goreng apalagi minyak tanah," kata Zainul saat diskusi kesehatan SOHO Global Health di bilangan Proklamasi, Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Menurut Zainul, langkah ini dilakukan guna mematikan binatang atau menghentikan pergerakannya yang membuat infeksi. "Yang penting binatang itu mati dulu. Setelah itu, bawa orang tersebut ke dokter untuk segera diperiksa," jelasnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Rasakan Sakit di Telinga, Ternyata Laba-Laba Bersarang di Dalamnya
Artikel Selanjutnya
Nonton Film Spider-Man Efektif Kurangi Fobia Laba-laba