Sukses

Jepang Tes Kereta Tercepat di Dunia, Bisa Melesat hingga 400 Km per Jam

Liputan6.com, Tokyo - Pemerintah Jepang dikabarkan telah melakukan uji coba pertama terhadap kereta peluru tercepat di dunia, yang diklaim mampu melaju hingga kecepatan 400 kilometer per jam.

Pengembangan teknologi revolusioner dalam industri kereta cepat itu telah dimulai sejak tiga tahun lalu, demikian sebagaimana dikutip dari CNN pada Minggu (12/5/2019).

Kereta cepat yang dinamai ALFA-X itu direncanakan selambat-lambatnya beroperasi pada 2030 mendatang, digadang-gadang akan kembali menaikkan pamor kereta cepat Jepang, menyusul persaingan dari China dan Eropa. 

Otoritas terkait di Jepang mengatakan masih melakukan penelitian terhadap skema guncangan dan kenyamanan dalam kecepatan laju maksimum di darat.

"Kami juga tengah mengembangkan teknologi yang menjadikan kereta peluru kami stabil dalam menghadapi potensi gempa besar," ujar salah seorang pejabat terkait.

Jika berhasil direalisasikan, kereta peluru yang rencananya berjalan pada kecepatan rata-rata 360 kilometer per jam itu, akan mengalahkan laju yang diklaim oleh rancangan kereta sejenis dari China, yang lebih lambat 10 kilometer per jam.

2 dari 3 halaman

Tes di Jalur Sendai-Aomori

Desain futuristik pada kereta peluru ALFA-X menyertakan sepuluh gerbong, dengan masing-masing lokomotif di ujungnya memiliki bentuk moncong yang runcing.

Pada tahap pertama, kereta peluru ini akan diujicobakan secara berkala di jalur antara kota Sendai dan Aomori, yang berjarak sekitar 280 kilometer.

Tes akan dilakukan selepas tengah malam, ketika jalur terkait telah sepi oleh lalu lalang kereta. Selain itu, uji coba juga akan dilaksanakan setiap dua kali dalam sepekan.

Oleh para pengamat, ALFA-X menandai regenerasi kejayaan Shinkansen, yang juga mendorong kian progresifnya layanan kereta berkecepatan tinggi di seluruh dunia.

3 dari 3 halaman

Sambut Olimpiade Tokyo 2020

Debut uji coba ALFA-X dilakukan setelah kereta Shinkansen N700S yang baru, melakukan tes berkali-kali sejak lebih dari setahun lalu.

Generasi terbaru Shinkansen itu dijadwalkan beroperasi pada tahun 2020, dengan kecepatan maksimum 300 kilometer per jam.

Bersama dengan peluncuran berbagai teknologi moda transportasi terbaru, Shinkansen N700S akan menjadi persiapan terkini dalam menyambut Olimpiade Tokyo 2020.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jepang Sebut Uji Coba Misil Korea Utara Melanggar Resolusi PBB
Artikel Selanjutnya
Ingin Berlibur ke Jepang? Perhatikan Tips Singkat Berikut ini