Sukses

Tenyata, Nama Asli Raja Baru Thailand Sangat Panjang

Liputan6.com, Bangkok - Setelah dilantik menjadi raja Thailand, nama Maha Vajiralongkorn kembali jadi sorotan. Di balik sosoknya yang kontroversial, ada fakta lain yang tak kalah menarik.

Dikutip dari People.com, Senin (6/5/2019), ternyata, sang raja memiliki nama lengkap yang begitu panjang.

Dalam bahasa Thai, nama lengkapnya adalah; วชิราลงกรณ บรมจักรยาดิศรสันตติวงศ เทเวศรธำรงสุบริบาล อภิคุณูประการมหิตลาดุลเดช ภูมิพลนเรศวรางกูร กิตติสิริสมบูรณ์สวางควัฒน์ บรมขัตติยราชกุมาร

Jika diterjemahkan, nama lengkapnya adalah Vajiralongkorn Borommachakkrayadisonsantatiwong Thewetthamrongsuboriban Aphikhunuprakanmahittaladunladet Phumiphonnaretwarangkun Kittisirisombunsawangkhawat Borommakhattiyaratchakuman.

Maha Vajiralongkorn telah secara resmi dinobatkan sebagai Raja Thailand pada Sabtu 4 Mei 2019.

Sang raja baru Thailand tampak mengenakan mahkota berlapis emas seberat tujuh kilogram lebih. Upacara penobatan ini akan berlangsung hingga hari ini, Senin, 6 Mei 2019.

Dalam penobatan, sang raja berumur 66 tahun itu juga mengenakan jubah emas berhiaskan berlian, mengutip Channel News Asia.

Sebetulnya ia telah naik takhta sejak dua tahun lalu setelah meninggalnya sang ayah, raja Thailand sebelumnya, Bhumibol Adulyadej. Namun penobatan Maha Vajiralongkorn baru dapat dilaksanakan setelah masa berkabung usai.

 

2 dari 3 halaman

Nama Asli Kota Bangkok Juga Panjang

Nama raja yang begitu panjang ini tentu mengingatkan kita dengan nama asli dari kota Bangkok yang begitu panjang.

Dikutip dari laman Into-Asia, nama lengkap ibukota Thailand ini adalah: รุงเทพมหานคร อมรรัตนโกสินทร์ มหินทรายุธยามหาดิลก ภพนพรัตน์ ราชธานีบุรีรมย์ อุดมราชนิเวศน์ มหาสถาน อมรพิมาน อวตารสถิต สักกะทัตติยะ วิษณุกรรมประสิทธิ์

Jika diterjemahkan; Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

 

3 dari 3 halaman

Diarak Keliling Kota

Raja Baru Thailand Maha Vajiralongkorn diarak keliling ibu kota Bangkok dengan tandu emas, oleh para prajuritnya pada Minggu, 5 Mei 2019. Warga Thailand tampak antusias untuk menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut.

"Jayalah raja!" teriak masyarakat Negeri Gajah Putih yang berdiri di sepanjang jalanan kota, mengutip Channel News Asia.

Mereka berjejer selama berjam-jam untuk melihat sekilas pemimpin mereka yang sangat dihormati dalam budaya Thailand sebagai dewa yang hidup.

Prosesi itu berlangsung sejak pukul lima sore di Grand Palace, Bangkok Thailand. Arak-arakan dimulai dengan dibunyikannya terompet dan ditembakkannya 21 tembakan salvo, pertanda hormat.

Dalam kesempatan itu, tampak Raja Vajiralongkorn yang bergelar Rama X dari Dinasti Chakri mengenakan jubah berhiaskan berlian.

Prosesi itu menempuh jarak tujuh kilometer, yang membawa raja ke muka publik Thailand untuk pertama kalinya. Sebetulnya ia telah naik takhta sejak dua tahun lalu, namun penobatan baru berlangsung pasca-selesainya masa berkabung mendiang Raja Bhumibol Adulyadej.

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Potret Suthida, Pramugari yang Menjelma Jadi Ratu Thailand
Artikel Selanjutnya
Sah Jadi Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Diarak Keliling Kota