Sukses

Sah Jadi Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn Diarak Keliling Kota

Raja baru Thailand, Maha Vajiralongkorn diarak dengan menggunakan tandu emas.

Liputan6.com, Bangkok - Raja Baru Thailand Maha Vajiralongkorn diarak keliling ibu kota Bangkok dengan tandu emas, oleh para prajuritnya pada Minggu, 5 Mei 2019. Warga Thailand tampak antusias untuk menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut.

"Jayalah raja!" teriak masyarakat Negeri Gajah Putih yang berdiri di sepanjang jalanan kota, mengutip Channel News Asia pada Senin (6/5/2019). Mereka berjejer selama berjam-jam untuk melihat sekilas pemimpin mereka yang sangat dihormati dalam budaya Thailand sebagai dewa yang hidup.

Prosesi itu berlangsung sejak pukul 5 sore di Grand Palace, Bangkok Thailand. Arak-arakan dimulai dengan dibunyikannya terompet dan ditembakkannya 21 tembakan salvo, pertanda hormat.

Dalam kesempatan itu, tampak Raja Vajiralongkorn yang bergelar Rama X dari Dinasti Chakri mengenakan jubah berhiaskan berlian.

Prosesi itu menempuh jarak 7 kilometer, yang membawa raja ke muka publik Thailand untuk pertama kalinya. Sebetulnya ia telah naik takhta sejak dua tahun lalu, namun penobatan baru berlangsung pasca-selesainya masa berkabung mendiang Raja Bhumibol Adulyadej.

 

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menunggu Sejak Pukul 10 Pagi

Banyak warga Thailand telah menunggu sejak pukul 10 pagi. Mereka berbondong-bondong datang ke pulau Rattanakosi, Bangkok, dari berbagai penjuru negeri.

Kebanyakan dari mereka mengenakan pakaian kuning, warna yang sering kali dikaitkan dengan kerajaan Negeri Gajah Putih.

Warga tampaknya sangat sabar dan setia menunggu sang raja baru, Mereka telah duduk di sepanjang jalan meskipun suhu hampir 40 derajat Celsius.

“Ini adalah acara bersejarah. Saya belum pernah mengalaminya pada masa pemerintahan mendiang Raja Bhumibol. Sekarang adalah kesempatan bagus untuk menyaksikan (rangkaian penobatan). Saya telah duduk di sini selama berjam-jam tetapi saya merasa baik-baik saja. Saya tidak memperdulikan waktu, sungguh. Saya menikmati pengalaman ini," kata Somjit Poljamjumroon (59).

3 dari 3 halaman

Kronologi Penobatan

Maha Vajiralongkorn telah secara resmi dinobatkan sebagai Raja Thailand pada Sabtu 4 Mei 2019. Hal itu ditandai dengan dikenakannya mahkota seberat tujuh kilogram lebih oleh sang raja baru Negeri Gajah Putih. Upacara penobatan yang dimaksud akan berlangsung hingga hari ini, Senin 6 Mei 2019.

Upacara penobatan dimulai pada Sabtu, dengan Raja Vajiralongkorn mengenakan jubah putih. Salah satu sisi jubahnya terbuka meninggalkan bahunya telanjang. Wajah sang raja baru kemudian diseka dengan air suci yang telah dikumpulkan dari seluruh Thailand. Prosesi ini berlangsung di Grand Palace.

Pada pukul 10.09 pagi waktu setempat, publik diberikan pemandangan langka. Mereka dapat melihat ke aula kerajaan Thailand saat ritual kunci penobatan dimulai.

Dalam proses itu hadir kaum Hindu Brahma. Mereka menjadi saksi transformasi Maha Vajiralongkorn, Rama X, dari manusia menjadi sosok dewa.

Penobatan ini adalah momen bersejarah yang langka. Prosesi serupa terjadi pada 1950 silam, saat Raja Bhumibol Adulyadej dinobatkan sebagai pemimpin Thailand saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.