Sukses

Hemat Uang dan Waktu, 19 Trik Rahasia Ini Bisa Bikin Rumah Bersih dalam Sekejap

Ada banyak cara hemat dan singkat untuk membersihkan rumah. Anda bisa mencoba 19 trik di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentunya mendambakan memiliki rumah yang bersih dan tertata. Demi menjaga kebersihan dan kerapian, maka ada serangkaian pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan.

Mencuci piring dan pakaian, merapikan taman, menyetrika baju, membersihkan kulkas, mengepel, hingga menyapu, orang-orang cenderung ingin menggunakan trik yang sederhana namun tepat, karena mereka menganggap kegiatan tersebut melelahkan, menyita waktu dan tenaga.

Untuk mencegah Anda dari kewalahan dalam mengurus pekerjaan rumah tangga, mungkin Anda bisa mencoba beberapa trik berikut ini.

Seperti dikutip dari laman Bright Side, Jumat (10/8/2018), sedikitnya ada 19 metode yang bisa diterapkan untuk meringkas pekerjaan rumah tangga Anda.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kamar Mandi

1. Toilet

Jika Anda memiliki sisa minuman soda, jangan dibuang. Cairan ini ampuh membersihkan noda di toilet. Cukup tuangkan sisa minuman soda ke area yang ingin dibersihkan dan biarkan selama beberapa jam (atau semalaman). Setelah itu, cukup siram dengan air. 

2. Bau Menyengat

Soda kue adalah pembersih paling efektif yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau toilet. Caranya, sebarkan beberapa sendok makan soda kue di bagian dalam toilet dan tunggu selama 10 menit. Lalu sikatlah.

Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan beberapa tetes minyak esensial.

3. Lantai Kamar Mandi

Untuk membuat ubin kamar mandi Anda berkilau dan bersih, aplikasikan campuran jus lemon dan soda kue. Buat pasta dari 2 bahan sederhana ini dan gosok lantai, bak mandi serta shower Anda. 

4. Keran 

Ada trik bagus dan murah yang dapat membantu Anda membersihkan lubang keran. Taruh potongan lemon segar di bibir keran (pastikan menempel kuat) dan diamkan selama satu jam. Lalu bilas dengan air mendidih.

5. Sikat Gigi

Sikat gigi dan gagangnya merupakan benda paling kotor di rumah. Hidrogen peroksida solusinya, sebab bisa membunuh semua kuman berbahaya dan zat ini aman bagi manusia.

Cukup rendam bulu sikat dalam cairan tersebut selama satu jam dan tuangkan beberapa hidrogen peroksida di dalam cangkir te mpat sikat gigi untuk mencegah ujungnya kotor.

3 dari 5 halaman

2. Dapur

1. Loyang

Gunakan soda kue untuk membersihkan loyang atau pemanggang kue dengan mudah. Sebarkan bubuknya ke seluruh permukaan oven dan tuangkan sedikit air mendidih di atasnya. Diamkan selama satu jam, lalu bilas.

2. Teko

Untuk membersihkan kerak teh pada teko Anda, campurkan setengah botol cuka ukuran sedang dan setengah air (ukuran gelas 250 ml), tuang ke dalam teko dan rebus. Setelahnya, buang air di dalam teko dan cuci. Apabila flek membandel, letakkan cuka di dalam teko dan diamkan selama satu jam sebelum direbus.

3. Piring dan Gelas

Kombinasi lemon, cuka, dan garam dapat dijadikan sebagai deterjen pencuci piring alami yang bagus. Rebus sebuah lemon (potong menjadi empat) dengan 2 gelas air. Tambahkan garam dan cuka, lalu didihkan lagi. Gunakan 3 sendok makan larutan ini sebagai pengganti sabun pencuci piring yang Anda beli di toko.

4. Kulkas

Jika Anda menikmati secangkir kopi di pagi hari, jangan sia-siakan ampasnya. Cukup simpan di dalam lemari es untuk mencegah bau tak sedap.

5. Tempat Cuci Piring

Hidrogen peroksida adalah bahan kimia murah dan pembersih yang sangat efektif untuk dapur. Ini tidak beracun dan sangat aman untuk disemprotkan di sekitar tempat pencuci piring agar semua kuman hilang.

 

Nice shiny sink 🙌🏻 #cleaningtips #cleaninghacks

A post shared by Jen (@cleanqueen25) on

6. Gelas Kaca

Vodka atau cuka bekerja sangat baik untuk membuat gelas kaca bersinar. Cukup rendam kertas tisu dengan salah satu cairan tersebut -- cuka atau vodka. Gosok permukaan gelas sampai Anda puas dengan hasilnya.

4 dari 5 halaman

3. Cucian Kotor

1. Noda Makanan pada Pakaian

Noda bekas makanan bisa dihilangkan dengan bedak bayi. Sebarkan di sekitar di tempat yang terkena dan biarkan semalaman. Lalu bersihkan dengan mencuci secara normal.

2. Memutihkan Pakaian Putih

Pemutih baju dapat menyebabkan pakaian Anda cepat rusak dan boros. Cobalah menggantinya dengan campuran soda kue dan cuka. Resep alami ini akan membuat pakaian putih Anda benar-benar putih.

3. Boneka

 

🐰🐰 . . . . . . . . . #rabbits #collectables #ty #bedroom #teddy

A post shared by Home Clean Home 🏡 (@gemmas_clean_home) on

Bersihkan boneka buah hati Anda dengan campuran soda kue dan tepung jagung. Tempatkan adonan ini dalam kantong ziplock (atau kalau tidak ada bisa gunakan kantong plastik biasa), lalu masukkan boneka. Kocok secara intensif. Pastikan seluruh mainan tertutup bubuk itu. Setelahnya, keluarkan boneka dan sikat atau bersihkan dengan vakum.

4. Pelembut Pakaian

Jika Anda kehabisan pelembut pakaian, cobalah opsi ini. Campurkan 6 cangkir air, 3 cangkir cuka dan 2 cangkir kondisioner rambut. Tambahkan 2 sendok makan cairan ini ke mesin cuci Anda.

5 dari 5 halaman

4. Ruang Tamu

1. Sofa

Untuk membersihkan sofa di ruang tamu, campurkan 6 sendok makan serpihan sabun batang dengan 1 liter air mendidih. Campuran ini akan memicu busa yang melimpah yang dapat Anda aplikasikan ke sofa kain. Bersihkan dengan kain basah. Resep ini juga bisa membersihkan karpet.

2. Lantai dan Perkakas Kayu

Minyak zaitun dapat berfungsi untuk mengkilapkan lantai atau perkakas kayu di rumah Anda. Taruh beberapa tetes minyak zaitun di atas kain bersih, usapkan pada furnitur kayu Anda.

3. Karpet

Untuk membersihkan karpet, Anda bisa gunakan bahan sederhana dan terjangkau. Mulailah dengan membersihkannya dengan penyedot debu. Lalu buat pasta dari 1/4 cangkir garam, 1/4 cangkir boraks dan 1/4 cangkir cuka.

Gosokkan adonan tersebut ke bagian yang kotor dan bernoda, kemudian keringkan. Bersihkan dengan memasukkannya ke mesin pencuci atau cukup sikat secara manual dengan air.

4. Pajangan

Kuningan bisa berubah kusam seiring waktu. Untuk menyegarkannya, campurkan jus yang terbuat dari 1/2 lemon dan soda kue (Anda juga bisa menggunakan garam). Setelah jadi, campuran ini akan berubah menjadi pasta. Gosok lembut ke permukaan kuningan dengan sepotong kain, lalu bilas dan keringkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.