Sukses

Bertolak ke Singapura, Menlu RI Hadiri Pertemuan Antar Menteri ASEAN

Sepulangnya dari pertemuan antar menteri di ASEAN, Menlu RI Retno Marsudi akan menerima kunjungan Menlu AS Mike Pompeo di Jakarta pada 4 Agustus 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah berangkat menuju Singapura untuk menghadiri serangkaian pertemuan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-51 dan Post Ministerial Conference ke-19 yang diselenggarakan pada tanggal 31 Juli – 4 Agustus 2018.

Di Singapura, Menlu Retno dijadwalkan menghadiri 19 rangkaian pertemuan tingkat Menlu ASEAN antara lain ASEAN Ministerial Meeting Plenary dan Retreat, ARF, 19th ASEAN Plus Three, 8th East Asia Summit, SEANWFZ, AICHAR Interface, serta pertemuan ASEAN dengan berbagai Mitra Wicaranya. Demikian seperti dikutip dari rilis resmi Kementerian Luar Negeri RI, yang dimuat Liputan6.com, Selasa (31/7/2018)

Selain serangkaian pertemuan Menlu ASEAN, Retno juga dijadwalkan untuk melakukan sekitar 12 pertemuan bilateral. Pertemuan ASEAN dan Mitra Wicara ASEAN pada tingkat Menteri Luar Negeri tersebut akan membahas mengenai Review of Cooperation and Future Direction ASEAN serta Exchange of Views on International and Regional Issues.

Beberapa isu yang menjadi perhatian Indonesia dalam pertemuan antar menlu ASEAN itu antara lain mengenai Indo-Pasifik, kerja sama penanggulangan terorisme, pemajuan perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), ekonomi kreatif, serta kerja sama penanganan resiko bencana.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menerima Kunjungan Menlu AS di Jakarta

Menlu Retno akan tiba kembali di Indonesia pada tanggal 4 Agustus 2018 dan pada hari yang sama dijadwalkan menerima Menlu AS Michael R Pompeo di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri.

Ini adalah kunjungan pertama Menlu Pompeo ke Indonesia dan pertemuan kedua Menlu Retno dan Menlu Pompeo setelah bertemu di Washington DC pada tanggal 6 Juni 2018.

Pada pertemuan ini, beberapa isu yang akan menjadi perhatian kedua Menlu antara tindak lanjut Strategic Partnership RI-AS serta berbagai isu global dan regional yang menjadi perhatian kedua negara.

Indonesia dan Amerika Serikat akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2019 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.