Sukses

Indonesia dan Jepang Akan Bahas Isu Korea Utara Pekan Depan

Liputan6.com, Jakarta - Isu seputar Semenanjung Korea dan denuklirisasi Korea Utara akan menjadi salah satu topik utama yang akan dibahas oleh Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dengan pemerintah Indonesia, dalam kunjungannya ke Jakarta pada Senin 25 Juni 2018 mendatang.

Menlu Kono dijadwalkan melaksanakan pertemuan terpisah dengan Presiden RI Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta.

"Isu di Semenanjung Korea --termasuk Korea Utara-- selalu menjadi agenda langganan (standing agenda) pada setiap pertemuan antara pejabat tinggi Indonesia dan Jepang. Tentunya, isu tersebut akan dibahas pada Senin nanti," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI dalam konferensi pers mingguan di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Arrmanatha juga menjelaskan bahwa langkah Menlu Jepang untuk berdiskusi dengan pemerintah RI seputar isu Korea Utara akan semakin relevan, mengingat baru-baru ini, Indonesia telah terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019 - 2020.

"Semenanjung Korea selalu menjadi perhatian bersama Indonesia dan Jepang. Kedua negara sama-sama menginginkan perdamaian dan kawasan semenanjung yang bebas dari nuklir," tambah Arrmanatha.

Ini merupakan kunjungan pertama Kono ke Indonesia, sejak dirinya menjabat sebagai menteri luar negeri Jepang pada 2017 lalu.

Pihak Kemenlu RI menjelakan, pemerintah Indonesia dan Menlu Kono akan membahas berbagai isu, mulai dari penguatan hubungan bilateral dan ekonomi hingga dinamika geopolitik global serta kawasan Asia.

"Di samping itu, pemerintah RI dan Menlu Kono secara khusus akan membahas peninjauan umum (general review) Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA)," tambah jubir Kemenlu RI itu.

"Isu perhatian lain adalah kerja sama baru di bidang maritim, di mana Jepang akan membantu kita dalam mengembangkan pusat-pusat perikanan terpadu di beberapa titik di Indonesia."

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penguatan Kemitraan

Lebih lanjut, dalam kunjungan kerja Menlu Kono nanti, pemerintah juga akan mengupayakan penguatan kemitraan strategis dengan Jepang pada sektor bidang industri, infrastruktur, dan kemaritiman.

Sektor industri menjadi salah satu perhatian, jelas Arrmanatha yang menjelaskan bahwa Indonesia akan menawarkan diri sebagai industrial hub buat Jepang.

"Kunjungan Senin nanti menandai langkah awal kedua negara untuk membahas secara detail semua isu dan kerja sama tersebut," tambah Arrmanatha.

Jubir Kemlu RI itu juga menjelaskan, usai kunjungan Menlu Kono, working-level meeting antara pemangku kepentingan RI-Jepang untuk membahas teknis dan proses realisasi berbagai kerja sama tersebut akan dilakukan pada bulan-bulan mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia