Sukses

Mengerikan, Ini Penampakan Hidung Pesawat yang Penyok Dihantam Badai

Pesawat tersebut mengalami kerusakan parah karena diterjang badai salju parah.

Liputan6.com, Texas - Sebuah pesawat milik maskapai American Airlines melakukan pendaratan darurat usai dihantam badai salju. Akibatnya, burung besi ini mengalami kerusakan parah. Bagian moncongnya penyok dan kaca bagian depan hancur.

Pesawat dengan nomor penerbangan 1897 disambar badai keras sesaat setelah lepas landas dari bandara San Antonio, Texas pada pukul 19.00 waktu setempat. Pilot kemudian memutuskan untuk mendarat darurat di El Paso, Texas, menurut laporan The Sun.

Sebuah pesawat milik maskapai American Airlines babak belur dihajar badai salju. (Sumber: Twitter)

Saat insiden terjadi, American Airlines mengangkut 130 penumpang. Mereka menangis dan muntah ketika badai menerpa. Seorang penumpang bernama Ezra menceritakannya ke Twitter.

"Barang-barang terlempar. Penumpang muntah. Ini penerbangan teraneh dalam hidup saya."

Penumpang lain, Jesus Esparza, mengatakan kepada KENS 5 bahwa mereka melihat kilatan cahaya di luar jendela saat pesawat berada di udara.

Setelah berhasil melakukan pendaratan darurat, para penumpang segera berlarian keluar dan beberapa di antaranya mengambil gambar badan pesawat yang rusak.

"Saya beberapa kali menatap kembali foto-foto itu dan merinding," kata mereka kepada ABC15, seperti dilansir News.com.au, Rabu (6/6/2018).

Penumpang menambahkan, penerbangan mereka berjalan lancar pada awalnya, tetapi tiba-tiba terjadi turbulensi 30 menit setelah lepas landas.

"Saya bisa melihat orang-orang mulai panik dan menangis dan saya tidak bisa bernapas," ungkap Esparza.

Ia melihat ponsel melayang di dalam pesawat, minuman tumpah ke langit-langit kabin, dan orang-orang mulai membuka kantong udara karena mabuk.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kehilangan Jarak Pandang

Dalam rekaman audio dari kontrol lalu lintas udara, pilot melaporkan bahwa mereka nyaris kehilangan jarak pandang di tengah hujan es, menurut ABC News.

Beruntung, mereka bisa melihat melalui jendela samping dan berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat di El Paso. American Airlines mengkonfirmasi insiden itu dalam sebuah pernyataan kepada The Sun Online.

"Pada tanggal 3 Juni, American Airlines penerbangan 1897, dari San Antonio ke Phoenix, dialihkan ke El Paso karena kerusakan yang ditimbulkan oleh cuaca buruk dalam penerbangan," kata pernyataan itu.

"Kami memuji usaha besar pilot dan pramugari kami, yang berhasil mendaratkan Airbus A319 pada pukul 20.03 dengan selamat. Saat ini, pesawat sedang dievaluasi oleh tim pemeliharaan."

"Kami tidak pernah berniat mengganggu perjalanan pelanggan kami, dan kami mohon maaf atas masalah ini."

American Airlines mengatakan, pesawatnya hanya terbang di udara selama dua jam enam menit. Tidak ada korban jiwa atau penumpang cedera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.