Sukses

PBB Luncurkan 'World Bicycle Day' di New York

Liputan6.com, New York - PBB meluncurkan World Bicycle Day di New York, Amerika Serikat 3 Juni 2018 waktu setempat. Acara peluncuran tersebut dimulai dengan pidato pembukaan dari Wakil Tetap Turkmenistan Aksoltan Ataeva, sebagai negara pemrakarsa resolusi kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Watap RI New York juga telah diminta secara khusus menyampaikan pidato yang memperkuat pentingnya penggunaan sepeda baik sebagai moda transportasi maupun sebagai alat penggerak pembangunan di era modern ini.

"Sepeda tidak hanya merupakan moda transportasi, melainkan juga sebagai bagian tidak terpisahkan dari kehidupan modern yang efisien, ramah lingkungan, dan menyehatkan," demikian disampaikan Duta Besar Dian Triansyah Djani, Wakil Tetap Indonesia untuk PBB, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Selasa (5/6/2018).

Sebagai informasi, PBB menetapkan World Bicycle Day melalui Resolusi nomor A/RES/72/272 yang didukung secara konsensus oleh 193 negara anggota PBB pada sidang rutin Majelis Umum PBB di New York pada tanggal 12 April 2018 lalu. Indonesia merupakan salah satu negara pendukung utama resolusi tersebut.

Acara peluncuran World Bicycle Day di New York tersebut dihadiri oleh para Duta Besar dan komunitas diplomatik di New York serta perwakilan Organisasi Internasional, penggiat sepeda, penyandang disabilitas, dan atlet para-cycling.

Dubes Djani juga menambahkan bahwa sebagai salah satu negara produsen sepeda, Indonesia telah menempatkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi populer. "Diadopsinya Resolusi World Bicycle Day mencerminkan pengakuan internasional bahwa sepeda juga dapat mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," tegas Dubes Djani.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Sepeda Bikin Hidup Lebih Sehat

Acara tersebut juga digunakan peserta dari komunitas sepeda di Amerika Serikat untuk menegaskan bahwa menggunakan sepeda telah mengubah kehidupan mereka menjadi lebih sehat.

Perkembangan produksi sepeda di seluruh dunia dinilai cukup baik, dengan jumlah produksi sepeda dunia melebihi 100 juta unit tiap tahunnya. Kebutuhan sepeda nasional Indonesia sendiri diperkirakan telah mencapai sekitar 6 juta unit sepeda pada tahun 2017.

Meningkatnya jumlah pengguna sepeda dunia berdampak positif pada pertumbuhan industri sepeda global yang ditaksir mencapai US$65.4 miliar pada tahun 2022.

Pencanangan World Bicycle Day mendapatkan sambutan yang hangat dan diliput secara luas oleh media internasional. Indonesia dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk semakin menggiatkan kampanye penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang menyehatkan dan ramah lingkungan.