Sukses

Pertama dalam 9 Tahun, Bayi Gorila Lahir di Amerika Serikat

Momen mengharukan saat bayi gorila jantan lahir di kebun binatang Washington D.C, Amerika Serikat, ini terekam kamera dan disebarluaskan.

Liputan6.com, Washington, D.C - Induk gorila bernama Calaya melahirkan putranya, Moke - diucapkan mo-KEY - pada Minggu, 8 April 2018, di Smithsonian National Zoo & Conservation Biology Institute di Washington, D.C. Amerika Serikat.

Momen saat gorila  western lowland menggendong dan mengecup sang buah hati pertama kali pun terekam kamera.

Kelahiran bayi gorila jantan ini adalah yang pertama dalam sembilan tahun di kebun binatang tersebut. Pejabat setempat berhasil merekam momen spesial itu, kemudian rekaman itu dibagikan ke situs resmi kebun binatang serta media sosial pada Senin, 16 April pagi.

"Kami senang berbagi momen saat gorila western lowland bernama Calaya melahirkan jantan pada Minggu 15 April pukul 06.25 siang. Namanya Moke, berarti 'junior' atau 'si kecil' dalam bahasa Lingala," tulis National Zoo ke halaman Twitter mereka seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (17/4/2018).

"Penjaga melaporkan bahwa Calaya telah merawat bayinya dan optimis dia akan tumbuh dengan baik. #GorillaStory."

Bayi gorila menggemaskan itu dikandung oleh induk berusia 15 tahun pada musim panas lalu. Sang ayah, Baraka umurnya 26 tahun.

Dalam rekaman video yang beredar, terlihat induk gorila begitu menyayangi sang anak. Ia dengan hati-hati memegang sambil menatapnya.

Dia kemudian dengan lembut mencium Moke beberapa kali sambil mengaguminya, lalu menggendong bayi sebelum meletakkannya untuk beristirahat di dalam kandang.

Pejabat kebun binatang sengaja berbagi momen bahagia kelahiran bayi gorila jantan itu tak hanya untuk Calaya, tetapi untuk semua orang di kebun binatang.

"Kelahiran western lowland gorila ini sangat istimewa dan signifikan, tidak hanya untuk keluarga Kebun Binatang kami tetapi juga untuk spesies yang terancam punah ini secara keseluruhan," ujar kurator primata, Meredith Bastian dalam rekaman video dalam sebuah pernyataan di situs Smithsonian National Zoo.

"Tim perawat primata berupaya untuk membantu Calaya sebisa mungkin, mengingat ia baru pertama kali menjadi ibu. Melakukan hal itu tentu membutuhkan kesabaran dan dedikasi yang besar dari timku, dan aku sangat bangga dengan mereka juga Calaya," imbuh Meredith Bastian.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan untuk Induk Gorila

Penjaga hewan, Melba Brown mengatakan, pejabat kebun binatang yakin Calaya akan menjadi pengasuh yang sangat baik bagi putranya.

"Kami akan memberikan dukungan kepadanya jika diperlukan, tetapi saya yakin bahwa Calaya akan menjadi ibu yang hebat bagi Moke," ujarnya.

Brown menuturkan bahwa kelahiran Moke membuat semua orang emosional.

"Kelahiran bayi gorila ini membuat emosional - bahagia, suka cita, lega - dan bangga bahwa semua ketekunan kami dalam mempersiapkan Calaya untuk menjadi ibu telah membuahkan hasil."

"Saya senang melihat bagaimana dia akan masuk ke dalam dinamika kelompok. Ada banyak kepribadian yang berbeda dalam tim, tetapi mereka semua bekerja sama dengan baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.