Sukses

Bikin Heboh, Beredar Video Ibu Ajari Anak Merusak Masjid

Sebuah video menunjukkan seorang ibu mengajari anak-anaknya cara merusak masjid, di mana hal tersebut mengundang kecaman luas di Facebook.

Liputan6.com, Tempe, Arizona - Baru-baru ini beredar sebuah video kontroversial yang menghebohkan para pengguna Facebook, lantaran menampilkan aksi seorang ibu mengajari anak-anaknya cara merusak masjid, dan melakukan berbagi tindak rasisme lain.

Dalam video yang diunggah oleh akun Tahnee Gonzales pada 4 Maret 2018 itu, tampak ia dan seorang gadis muda, pergi mengunjungi sebuah masjid di Kota Tempe, Arizona, Amerika Serikat (AS). Keduanya berdalih mengajarkan tiga anak yang dibawanya tentang makna patriotisme Amerika. Demikian dilansir dari Huffington Post pada Kamis (15/3/2018).

Dalam salah satu potongan videonya, Gonzales sempat menyampaikan orasi singkat mengenai kebencian terhadap Muslim, yang dianggapnya setara dengan para pemuja setan.

Gonzales juga dengan lantang menuding Muslim berpotensi merebut kedaulatan AS, dan membuat ia dan para warga Negeri Paman Sam lainnya tersingkirkan.

"Hati-hati, Muslim sedang menunggu waktu untuk berbuat tak senonoh," teriak gadis muda kepada tiga orang anak yang berlari semangat menuju masjid.

Anak-anak tersebut menempeli dinding bangunan masjid dengan pamflet berisi ujaran rasisme, mencoret pintu dengan spidol, dan bahkan meludahi terasnya.

Selain itu, tampak di video, salah seorang anak laki-laki bahkan menaiki bagian bumper belakang mobil jenazah, dan menggoyang-goyangkannya dengan keras.

Satu dari serangkaian video tindak rasisme itu sempat diunggah ulang oleh akun bernama Naui Ocelot, dan disaksikan hingga 1.000 orang.

Namun, Facebook telah menghapusnya pada akhir pekan lalu, lantaran muncul banyak laporan yang mengaku keberatan terhadap video tersebut.

Saat ini, Kepolisian Kota Tempe telah mengidentifikasi dua wanita yang bertanggung jawab atas unggahan video rasisme terkait, yakni Tahnee Gonzales dan Elizabeth Dauenhauer.

Setelah diselidiki lebih jauh, kedua wanita itu diketahui merupakan anggota Pegerakan Patriotisme AZ, sebuah kelompok yang disebut oleh Pusat Penanggulangan Ketimpangan Sosial di wilayah Southern Poverty Law Center. Grup tersebut merupakan sebuah komunitas terpinggirkan yang mendapat inspirasi dari retorika berlebih Presiden terhadap isu imigran dan Muslim'.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjuang Meraih Keadilan

Setelah melaporkan kejadian terkait ke pihak kepolisian, imam dari Pusat Komuntas Muslim di Kota Tempe, Ahmad Al-Akoum, mengaku masih terkejut akan kejadian tersebut.

Bukan tentang tindak rasisme yang membuatnya prihatin, melainkan dilibatkannya anak kecil yang belum paham cara membedakan sikap baik dan buruk.

"Perhatian utama saya tertuju pada anak-anak kecil yang diajarkan kebencian oleh orang tuanya. Ini sangat menyedihkan. Bagaimana jika hal itu tidak bisa hilang hingga dewasa? Bukankah sama saja memicu permusuhan lebih luas?" ujar Al-Akoum prihatin.

Meski telah dilaporkan secara resmi ke pihak kepolisian, namun hingga kini, belum tampak tindakan hukum yang jelas terhadap Gonzales dan Dauenhauer, dua wanita yang bertanggung terhadap persebaran video bernada rasisme tersebut.

Al-Akoum dan para jemaat yang dipimpinnya optimis bahwa keadilan akan memihak mereka. Dukungan langsung dari Masyarakat Humanis Greater Phoenix juga telah mereka terima, di mana kian memperkuat posisi mereka dalam ‘pertempuran’ di meja hijau.

Masyarakat Humanis Greater Phoenix sendiri merupakan salah satu organisasi masyarakat berbasis toleransi terbesar di AS, dan kerap menjadi pendukung di balik upaya gugatan hukum terhadap praktik rasisme di negeri Paman Sam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.