Sukses

Bikin Kaget, Telur Raksasa Ternyata Berisi 2 Telur

Liputan6.com, Queensland - Seorang peternak Queensland, Australia kaget bukan main saat mendapati ada telur  raksasa dari peternakan tempatnya bekerja. Ukurannya tiga kali lebih besar dari biasanya. Isinya juga mencengangkan, ada dua telur kecil lain di dalamnya.

Scott Stockman yang bekerja di peternakan Stockman's Eggs sepanjang hidupnya mengatakan bahwa dia belum pernah melihat telur seperti itu sebelumnya.

"Saya belum pernah melihat yang begitu besar seperti itu," katanya kepada News.com.au, Selasa (6/3/2018), tentang telur yang dierami ayam betina di peternakan tersebut.

Namun, dia bahkan lebih terkejut saat memecahkan telurnya dan menemukan ada telur kecil lain di dalamnya.

"Telur itu membuat semua orang bingung, mengapa bisa terjadi," jelas Scott.

"Telur dalam telur itu bahkan membuat para ahli kebingungan."

Profesor Associate Raf Freire dari sekolah kedokteran hewan Charles Sturt University mengatakan kepada ABC bahwa dia tidak tahu bagaimana hal itu terjadi.

Sementara menurut Prof Freire, telur itu seharusnya aman dikonsumsi, meski Stockman menolak untuk menyantap telur raksasa itu.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

1 dari 2 halaman

Jarang Terjadi

Kasus serupa pernah terjadi tahun 2017 lalu. Saat cangkang telur dipecahkan, bukan hanya kuning telur yang terlihat sempurna, juga ada telur utuh dalamnya.

Fenomena yang jarang terjadi ini dikenal dengan counter-peristalsis contraction. Biasanya terjadi ketika telur kedua mulai terbentuk sebelum telur pertama keluar dari sistem reproduksi ayam betina.

Dalam kasus tersebut, oosit baru (bagian dari telur yang menjadi kuning telur) bergerak melalui saluran oviduk telur ayam, lalu mengumpulkan membran dan albumen (bagian putih).

Jika telur yang sepenuhnya terbentuk kembali ke dalam saluran telur dari rahim ayam, bagian putih telur yang masih terbentuk itu akan berkumpul di sekitarnya.

Menurut pengunggah video, tak ada seorang pun cukup berani untuk makan telur tersebut.

Akan tetapi, telur-telur itu tak lantas dibuang. Meski tak ada yang mau memakannya, ia bisa digunakan untuk membuat kondisioner rambut tradisional.

Artikel Selanjutnya
Kebiasaan Memotret Makanan Bisa Cegah Penyakit Pencernaan?
Artikel Selanjutnya
Bikin Kacau, Dewan Kota Australia Sita Puluhan Sepeda