Sukses

Ditolak Rumah Sakit, Wanita Ini Melahirkan di Lahan Parkir

Kisah melahirkan di lahan parkir bermula ketika Delmi ditolak oleh pihak Rumah Sakit Jose Edmunda Vasquez, El Savador.

Liputan6.com, Chalatenango - Seorang wanita yang sudah merasa putus asa akibat ditelantarkan rumah sakit, terpaksa melahirkan bayi yang ia kandung di lahan parkir.

Detik-detik si wanita melahirkan diabadikan oleh seorang pejalan kaki yang kala itu sedang melintas.

Dikutip dari laman Metro.co.uk, Selasa (27/2/2018), kisah ini bermula ketika Delmi pergi ke Rumah Sakit Jose Edmunda Vasquez, El Savador.

Perut Delmi terasa sakit, ia sudah punya firasat bahwa akan melahirkan saat itu. Namun, setibanya di RS, wanita berusia 34 tahun itu malah tak mendapatkan perawatan.

Ia diminta untuk mengikuti peraturan, yaitu mengambil nomor antrean -- meski sudah dalam kondisi yang amat terdesak.

Delmi mengatakan, ia diminta oleh seorang perawat untuk tetap menunggu karena semua orang di sini datang dengan rasa sakit.

Karena sudah tak kuasa menahan sakit, Delmi meminta bantuan temannya. Wanita itu rupanya melahirkan di lahan parkir yang terletak tak jauh dari rumah sakit.

"Saya sudah tak tahan lagi karena bayi dalam kandungan sudah mau keluar. Untuk itu saya memutuskan untuk melahirkan di lahan parkir," ujar Delmi.

Video rekaman detik-detik Delmi melahirkan di lahan parkir sudah dilihat lebih dari 160 ribu kali dalam waktu empat hari.

Wanita itu juga mengatakan, ada dua orang yang membantu proses kelahiran, temannya yang bernama Reina dan wanita satunya adalah orang asing yang begitu baik.

Meski melahirkan di jalan, Delmi dan putri keempatnya selamat. Kementerian Kesehatan El Salvador menanggapi kasus miris tersebut.

Menteri Kesehatan El Salvador, Violeta Menjiver mengatakan, jika ditemukan pelanggaran maka pemerintah akan memberi sanksi pada pihak rumah sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melahirkan Saat Dibonceng Suami

Kejadian melahirkan bayi di jalanan juga pernah terjadi di China. Bedanya, seorang wanita bernama Qi asal China ini, melahirkan anaknya ketika dibonceng motor oleh sang suami.

Kala itu, Qi meminta suaminya, Li, untuk segera diantar ke rumah sakit terdekat. Pasangan tersebut pun bergegas menuju rumah sakit di Provinsi Guangdong, Tiongkok dengan motor.

Li yang akan menjadi calon ayah pun memacu sepeda motornya secepat mungkin, agar sang istri tiba di rumah sakit tepat waktu.

Namun, setibanya mereka di rumah sakit, betapa kagetnya Li dan Qi saat dokter mengatakan bahwa tidak ada bayi di dalam perut Qi.

Dilansir dari Daily Mail, Qi mengira bahwa sang bayi kemungkinan lahir saat berada di atas sepeda motor.

Saat sepeda motor melaju cepat melewati jalan yang tak rata, hentakan membuat tali pusat bayi terlepas dan tubuh mungilnya pun meluncur ke jalan.

"Istriku sempat berteriak-teriak, 'dia sudah lahir, bayinya sudah lahir'. Tapi aku tak menyangka ia akan benar-benar lahir saat motor sedang melaju," ungkap Li.

Akhirnya Li dan tim dokter pun menyusuri jalan yang dilewatinya. Sekitar tiga kilometer dari rumah sakit, bayi Li pun ditemukan.

Bayi berjenis kelamin laki-laki itu akhirnyna ditemukan dalam kondisi selamat di pinggir jalan tanpa luka yang berarti. Li dan sang istri pun bahagia bukan kepalang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.