Sukses

Acara Televisi Paling Banyak Ditonton di Dunia Tayang Saat Imlek

Liputan6.com, Beijing - Jika khalayak menganggap perayaan Imlek identik dengan pesta makanan, kembang api, dan berkumpul dengan keluarga, maka di China hal itu bertambah dengan sajian hiburan televisi tunggal yang selalu tayang setiap tahunnya.

Dilansir dari laman CNN pada Kamis (15/2/2018), pemerintah Negeri Tirai Bambu mewajibkan penayangan Gala Festival Musim Semi di jaringan Televisi Pusat China – populer dengan nama CCTV – sejak 1983.

Kebijakan tersebut juga diwajibkan kepada jaringan-jaringan televisi lain yang diizinkan tayang di seluruh wilayah China.

Tahun ini, Gala Festival Musim Semi akan tayang selama empat jam pada Kamis malam nanti. Acara tersebut berisi banyak sekali hiburan, termasuk konser musik, penampilan tari, acara komedi dan banyak lainnya.

Menariknya, acara ini berusaha menampilkan keunggulan hiburan di berbagai provinsi di China, termasuk keberagaman budaya kelompok etnis setempat.

Tidak ketinggalan, agenda propaganda pemerintah turut disiarkan dalam agenda Imlek ini. Salah satu contohnya adalah pemaparan singkat mengenai kebijakan Belt and Road Initiative.

Mengingat besarnya jumlah penduduk China, yang kini disebut melebih angka 1,4 miliar jiwa, Gala Festival Musim Semi disebut tetap mampu meraih audiens besar. Diperkirakan sekitar 700 juta orang menyaksikan acara terkait pada libur perayaan Imlek tahun ini.

Sebelumnya pada 2012, acara nasional pemerintah China ini berhasil dicatat di Guinness World Records sebagai 'acara televisi paling banyak ditonton di dunia', yakni sekitar 498 miliar penonton saat perayaan Imlek.

Jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan audiens pada gelaran NFL Super Bowl -- final liga futbol Amerika Serikat -- yang meraih 103,4 juta penonton pada 2018 ini.

 

Simak video menarik tentang beragam sajian khas Imlek selain kue keranjang berikut: 

1 dari 2 halaman

Mengalami Tren Penurunan Jumlah Penonton

Meski memiliki jumlah penonton yang sangat besar, tabloid pemerintah China Global Times menyebut adanya tren penurunan jumlah penonton Gala Festival Musim Semi.

"Sebelumnya memang acara ini menjadi salah satu tontonan wajib saat perayaan Imlek, namun dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat China memiliki lebih banyak opsi hiburan dalam menghabiskan waktu selama libur," tulis laporan terkait.

Agar tetap eksis, para produser di CCTV mencoba meremajakan konsep gelaran Gala Festival Musim Semi, yakni dengan menambahkan pengisi acara dari sederet idola generasi muda, seperti grup musik TFboys misalnya.

Namun, beragam sajian tradisional dari seantero China akan tetap menjadi suguhan utama.

"Kami juga menambahkan teknologi terkini dalam banyak segmen acara, dan diharapkan bisa menciptakan suguhan yang sangat hidup," jelas salah satu produser CCTV.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    China
  • Imlek
Artikel Selanjutnya
8 Tagar Favorit Warganet yang Sering Dipakai di Awal Ramadan
Artikel Selanjutnya
Live Streaming SCTV Sinetron Anak Langit Episode Rabu 23 Mei 2018