Sukses

Gempa 7,1 SR Guncang Peru, 2 Orang Tewas

Dua orang tewas dan 65 lainnya terluka dalam gempa 7,1 skala Richter yang mengguncang Peru pada Minggu, 14 Januari 2018 waktu setempat.

Liputan6.com, Lima - Gempa 7,1 skala Richter mengguncang Peru pada Minggu, 14 Januari 2018 waktu setempat. Menurut pemerintah regional, dua orang tewas dalam peristiwa itu.

Dikutip dari CNN, Senin (15/1/2018), salah seorang korban adalah pria berusia 55 tahun yang tewas akibat tertimpa batu di Yauca, ujar Gubernur Arequipa melalui Twitternya.

Presiden Geophysics Institute of Peru, Hernando Tavera, mengatakan bahwa korban lain juga tewas di wilayah yang sama. Namun, ia tak memberikan detail lebih lanjut.

Setidaknya 65 orang yang tersebar di Arequipa, Ica, dan Ayacucho terluka akibat gempa tersebut, demikian laporan National Civil Defense Institute.

Menurut US Geological Survey (USGS), gempa yang mengguncang Peru pada pukul 04.00 waktu setempat, berpusat di dekat pesisir Peru, yakni 40 kilometer di selatan Acari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Berpotensi Tsunami

USGS mengatakan bahwa gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Menurut laporan kantor berita Andina, sejumlah pelabuhan dan bandara tetap beroperasi normal meski terdapat kerusakan jalan di sejumlah wilayah.

"Saat ini, kami berangkat dari Marcona ke Acari dan Chala (Arequipa), zona yang terkena dampak gempa, untuk memverifikasi besarnya kerusakan dan mengirim bantuan kemanusiaan yang sesuai," tulis Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski pada Minggu pagi.

Foto yang dirlis Andina memperlihatkan Kuczynski sedang naik pesawat dan mengamati wilayah yang terdampak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.