Sukses

Nanas Berwarna Pink Jadi Sensasi Baru, Penasaran dengan Rasanya?

Nanas modifikasi itu dapat dimakan karena perubahan warnanya dihasilkan oleh sebuah pigmen yang memberi warna merah pada tomat dan semangka.

Liputan6.com, Jakarta - Nanas biasanya berwarna kuning cerah, tapi sekarang sudah hadir nanas berwarna merah muda (pink). Tapi bukan sekadar gaya, karena nanas baru itu pun bisa dimakan.

Nanas itu sudah mulai dijual di toko dan tampilan nanas baru tersebut telah merebak di dunia maya. Jadi, sensasi media sosial bertambah lagi.

Dikutip dari UPI pada Selasa (11/7/2017), nanas yang telah dikembangkan oleh perusahaan Del Monte dan Dole sejak 2005.

Pada tahun lalu, wewenang pengawas obat dan makanan (Food and Drug Administration, FDA) di Amerika Serikat telah menyetujui konsumsi nanas itu bagi manusia.

Berdasarkan penjelasan FDA, nanas modifikasi itu dapat dimakan karena perubahan warnanya dihasilkan oleh Lycopene, suatu pigmen yang memberi warna merah pada tomat dan semangka. Penambahan pigmen itu mengubah enzim pemberi warna kuning pada nanas.

Spesies nanas baru itu secara resmi dinamai Ananas comosus dan secara tidak resmi diberi nama kesayanan "Rosé." Spesies itu baru pun disebut-sebut lebih manis daripada nanas biasa.

Penggantian warna tersebut dimungkinkan dengan teknik modifikasi genetik atau GMO. Selain mencuri perhatian di toko-toko, ada ratusan gambarnya merebak di internet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.