Sukses

Geger Temuan Bom Perang Dunia II, Penjara di Jerman Dikosongkan

Pihak berwenang kota Regensburg Jerman, terpaksa mengevakuasi narapidana dan warga sekitar menyusul penemuan bom bekas Perang Dunia II.

Liputan6.com, Regensburg - Sebuah bom yang belum meledak sejak Perang Dunia II ditemukan di sebuah penjara di kota Regensburg, Jerman. Akibatnya pihak berwenang di kota tersebut mengevakuasi penghuni penjara tersebut.

Seperti dilansir dari laman Deutsche Welle, Senin (3/7/2017), sebanyak 97 tahanan dibawa ke lokasi yang tak disebutkan namanya oleh pihak berwenang. Para narapidana itu diangkut menggunakan sebuah bus besar.

Tak hanya para narapidana, sekitar 1.500 warga yang bermukim di wilayah dekat penjara tersebut juga diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka sesegera mungkin.

Para penjinak bom telah meledakan bom itu dengan aman.

"Evakuasi dilakukan seperti yang telah direncanakan tanpa mengalami gangguan," kata kepala fasilitas pemasyarakatan Christian Gessenharter.

Bom seberat 225 kilogram itu ditemukan saat pekerja konstruksi tengah melakukan aktivitasnya. Bom yang diprediksi memiliki daya ledak besar itu pun hanya berjarak beberapa meter dari penjara.

Penemuan bom yang tak meledak, sisa dari era Perang Dunia II memang sering ditemukan di beberapa titik wilayah Jerman.

Bahkan setelah 72 tahun Perang Dunia II terjadi masih saja laporan dari warga yang menemukan ranjau tersebut.

Dari laporan yang diperoleh, pihak pekerja konstruksilah yang sering menemukan benda tersebut.

Sebelumnya serupa juga pernah terjadi. Ketika ribuan orang dari kota Dusseldorf, Jerman di evakuasi saat pihak berwenang menemukan bom bekas Perang Dunia II seberat lima ton yang belum meledak.

Sementara itu, pihak berwenang di Jerman juga pernah melakukan evakuasi kepada 54.000 warganya dari kota Augsburg. Menyusul penemuan 1,8 metrik ton bom yang dahulu pernah digunakan oleh pemerintah Inggris.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.