Sukses

Heboh Bom Perang Dunia II Ditemukan di Florida, Lalu Meledak

Tim 325 Explosive Ordinance Disposal dari Panama City mengonfirmasi itu benar bom dari era Perang Dunia II.

Liputan6.com, Florida - Boom... suara ledakan terdengar beberapa meter dan terasa hingga beberapa blok di kota negara bagian Florida, Amerika Serikat. Tim Angkatan Udara ternyata tengah meledakkan bom era Perang Dunia II yang digali di lokasi konstruksi pada Rabu 16 November, dekat kampus Florida State University.

Ledakan itu terjadi pada Rabu 16 November sekitar pukul 21.30 waktu setempat, di lingkungan trendi penuh restoran, toko-toko dan tempat pembuatan bir kurang dari satu mil dari Capitol.

Lingkungan sekitar kemudian disterilisasi, lubang besar digali dan bom ditutup dalam tanah untuk memastikan fragmen tidak berterbangan. Ledakan itu mengguncang bangunan dalam beberapa blok dari lokasi tersebut.

"Suaranya seperti guntur, benar-benar keras. Anda bisa mendengar suara jendela bergoyang," kata Shannon Glassner, seorang mahasiswa Florida State yang tinggal di sebuah rumah sekitar tiga blok dari lokasi ledakan, seperti dikutip dari Whio, Kamis (17/11/2016).

"Beberapa orang berteriak. Aku bisa mendengar mereka keluar dari kamar dan lari ke lorong."

Glassner mengatakan bahwa pihak kampus mengirim email ke para siswa beberapa saat sebelum bom itu meledak. Tujuannya agar mereka tak panik.

"Saya baru saja membacanya, dan sekitar 15 detik kemudian bom itu meledak," kata Glassner seraya menambahkan bahwa ia tidak terlalu takut dengan ledakan.

Sebelumnya, juru bicara polisi David Northway mengatakan bahwa polisi penjinak bom Tallahassee menggunakan teropong untuk memeriksa kebenaran benda itu memang sebuah bom.

"Mereka tidak bisa berada begitu dekat dengan benda itu," tambah Northway.

Beberapa jalan di sekitar lokasi pembangunan yang ditutup dengan pita kuning, dan petugas memblokir lalu lintas dan pejalan kaki mendekat area tersebut. Sementara ambulans dan pemadam kebakaran bersiaga di dekatnya.

"Apakah kita akan diberitahu jika ada kekhawatiran?" teriak seorang mahasiswa dari jendela lantai dua. Seorang petugas menjawab, "Seluruh bangunan akan dievakuasi."

Tak lama kemudian, tim 325 Explosive Ordinance Disposal dari Tyndall Air Force Base di Panama City tiba dan mengonfirmasi itu adalah bom dari era Perang Dunia II.

Sejauh ini, polisi belum mengumumkan bagaimana benda itu bisa berada di sana.

Bahan peledak itu didapati oleh seorang awak konstruksi beberapa jam sebelumnya. Ia lantas menelepon polisi Tallahassee, mengaku menemukan benda mencurigakan mirip bom.

Website Museum of Florida History mengatakan, Tallahassee memiliki sebuah lapangan udara selama Perang Dunia II yang digunakan untuk berlatih. Kemungkinan bom tersebut adalah sisa-sisa era tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini