Sukses

Terjerat Skandal Korupsi, 11 Mobil Mewah Wapres Guinea Disita

Di antara mobil mewah yang disita, dilaporkan Porsche senilai lebih dari US$ 830.000 dan Veyron Bugatti yang dijual seharga US$ 2 juta.

Liputan6.com, Malabo - Jaksa di Swiss menyita mobil mewah milik Wakil Presiden Equatorial Guinea. Orang nomor dua di wilayah itu sedang diselidiki terkait kasus korupsi.

Teodorin Obiang Nguema, putra presiden negara itu, dituduh terlibat pencucian uang. Sejauh ini ia belum mengeluarkan komentar kepada publik atau media.

Dilansir dari BBC, Jumat (4/11/)pemerintah Swiss total telah menyita 11 mobil.

Di antara mobil mewah yang disita, dilaporkan Porsche senilai lebih dari US$ 830.000 dan Veyron Bugatti yang dijual seharga US$ 2 juta.

Terdakwa Obiang juga dijadwalkan untuk hadir di pengadilan Prancis tahun depan atas tuduhan korupsi dan penggelapan yang juga ia sangkal. Dia menantang tuduhan di pengadilan PBB dan diperkirakan tak akan disidang oleh hakim Prancis.

Jaksa di Jenewa mengatakan ia telah menjarah kekayaan minyak negaranya untuk membeli barang mewah, termasuk jet pribadi dan memorabilia Michael Jackson.

Equatorial Guinea adalah sebuah negara kecil di pantai barat Afrika. Presidennya, Teodoro Obiang Nguema, adalah pemimpin terlama di Afrika. Dia digambarkan oleh organisasi hak asasi sebagai salah satu pemimpin paling represif di Afrika.

Ia merebut kekuasaan pada tahun 1979.

Obiang yang kini berusia 47 tahun dipromosikan pada bulan Juni oleh ayahnya untuk menjadi wakil presiden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini