Sukses

Lelah, Pilot 'Usir' Penumpang dari Pesawat

Penerbangan AZ827 seharusnya lepas landas dari Beirut pukul 04.25 waktu Lebanon pada Sabtu 16 Juli.

Liputan6.com, Beirut - Sebuah penerbangan dari Beirut ke Roma terlambat hingga lebih 16 jam. Hal itu disebabkan oleh pilot yang enggan terbang karena terlalu lelah.

Para penumpang sudah berada dalam pesawat, namun pilot memutuskan untuk tidak terbang dan memaksa mereka keluar dari burung besi.

Salah seorang penumpang, Joseph Calleja mengatakan ia sudah berada di dalam pesawat. Penyanyi opera asal Malta itu marah-marah di Facebooknya karena 'diusir' dari kapal terbang gara-gara pilot terlalu lelah untuk kerja.

"Penerbangan AZ827 dari Beirut ke Roma sudah siap. Kami para penumpang berada di dalam badan pesawat Alitalia. Namun, pilot menolak terbang karena lelah. Ini bukan kali pertama maskapai itu melakukan hal-hal yang konyol yang buat penumpang terlambat," tulis Calleja seperti dilansir dari Daily Mail, Minggu (17/7/2016).

Penerbangan AZ827 seharusnya lepas landas dari Beirut pukul 04.25 waktu Lebanon pada Sabtu 16 Juli. Penerbangan ke Roma memakan waktu 3 jam, seharusnya tiba pukul 07.00 waktu setempat.

Menurut Calleja, kru darat Alitalia mengungkapkan ini kali pertama maskapai mengalami hal seperti itu.

Hingga pukul 20.44 waktu setempat, penerbangan itu tak kunjung berangkat. Beberapa penumpang dialihkan ke penerbangan lainnya. Namun, tak sedikit yang masih menunggu kepastian. 

Kelelahan bagi pilot adalah hal penting bagi maskapai. Yang diperlukan adalah, entah itu pilot pengganti atau pengalihan penerbangan bagi para penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.