Sukses

'Kurcaci' Jangkung hingga Lift, Ini 10 Hal Tertinggi Sedunia

Mulai dari pohon, lift, kabinet, hingga patung di bawah ini adalah 10 hal yang memiliki tinggi di atas rata-rata.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah hal di dunia ini memiliki ukuran tinggi yang di atas rata-rata. Bila umumnya kita kerap mendengar gelar orang tertinggi di dunia, maka ternyata ada pula gelar tertinggi bagi pohon, lemari, 'kurcaci' bahkan lift.

Cukup aneh mungkin membayangkan gelar 'kurcaci' tertinggi di dunia. Namun hal tersebut nyata dialami oleh seorang berkebangsaan Austria.

Belum banyak orang yang tahu mungkin bahwa China memiliki lift tertinggi di dunia. Pemandangan dari lift yang terletak di sebuah sisi tebing itu digambarkan sangat memukau.

Ada pula patung Dewa Shiva tertinggi di dunia yang terletak di Nepal -- sebuah negara kecil di Asia. Seperti dilansir oddee, berikut 10 hal tertinggi di dunia :

1. Pohon Tropis Tertinggi - Malaysia


Pohon tertinggi di dunia ada di Malaysia (oddee)  
Seorang penjelajah hutan asal Amerika Serikat (AS) Matheus Nunes (28 thn) menempuh perjalanan panjang di sebuah hutan di Malaysia demi misinya mencari pohon tropis tertinggi di dunia. Setelah tiga jam berjalan, ia berhasil menemukan dua jenis pohon Shorea genus. Yang satu memiliki ketinggian 90,6 meter atau 297 kaki sementara yang lainnya memiliki ketinggian 85,9 meter atau 293 kaki.

Tinggi kedua pohon ini melampaui rekor pohon tertinggi di dunia pada tahun 2007. Sebelumnya, seorang warga AS juga menemukan satu pohon lainnya yang memiliki tinggi lebih dari 88 meter atau sekitar 288 kaki -- sebelum temuan Nenus pohon itu merupakan yang tertinggi.

Genetika dari spesies genus ini menjelaskan tinggi pohon, namun Nenus tidak mengetahui apa yang membuat salah satu tinggi pohon mencapai lebih dari 90 meter atau setara dengan bangunan berlantai 30.

2.Lift Tertinggi - China
Lift tertinggi di China (oddee)   
Naik elevator mungkin bukan hal menyenangkan bagi mereka yang memiliki vertigo, terlebih naik lift tertinggi di dunia ini. Tinggi lift ini mencapai 326 meter atau sekitar 1.070 kaki.

Bukan hanya tingginya yang terbilang fantastis, namun lokasinya yang ada di sisi sebuah tebing juga akan memukau siapa saja yang melihatnya. Lift tertinggi di dunia itu berlokasi di Zhangjiajie Forest Park, area hijau Wulingyuan, China.

Lift berkapasitas 50 orang itu dapat mengangkut penumpang dalam waktu 2 menit saja. Tak mengherankan, jika lift itu dikenal dengan julukan 'hundred dragons sky lift'.

3. Pasangan Suami Istri Tertinggi - Inggris


Pasangan suami istri tertinggi di dunia ada di Inggris (oddee)   
 Pasangan Wilco dan Keisha Van Kleef-Bolton mungkin dapat dijuluki sebagai pasangan suami istri tertinggi di dunia. Kalau dikombinasikan, mereka memiliki tinggi mencapai lebih dari 4,5 meter,

Pada masa awal pernikahan, mereka sempat menemukan sejumlah masalah seperti ukuran pintu yang standar sering membuat kepala mereka terbentur. Tak hanya itu, ukuran tempat tidur yang biasa juga membuat mereka tidak nyaman karena panjang tempat tidur tidak cukup untuk menampung kaki mereka.

4. Kabinet Tertinggi - Inggris


Kabinet tertinggi di dunia ada di Inggris (oddee)  
Dibuat pada tahun 2002 oleh seniman lokal Bren Alvarez, kabinet -- lemari besi yang ada di Burlinton, Vermont, Inggris ini terdiri atas 48 laci.

5.Jerapah Tertinggi - Inggris


Jerapah tertinggi di dunia ada di Inggris (oddee)

Karena lehernya yang jenjang, Jerapah mungkin dikenal sebagai hewan yang memiliki tinggi di atas rata-rata.

Namun di Kebun Binatang Folly di Saundersfoot and Tenby, Pembrokershire ada seekor jerapah yang tingginya di atas rata-rata jerapah pada umumnya. Zulu, nama hewan itu memiliki tinggi 5,7 meter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Roller Coaster Hingga Patung Dewa



6. Roller Coaster Tertinggi - Amerika Serikat


Roller coaster tertinggi di dunia ada di AS (oddee)
Suka dengan tantangan? Anda patut mencoba roller coaster yang dijuluki 'dive coaster' yang baru dibuka pada Mei 2016 ini.

Bertempat di Taman Hiburan Cedar Point di Sandusky, Ohio, AS, 'dive coaster' ini memiliki tinggi 67,9 meter, kecepatan 75 mil per jam, dan panjang 1,040 meter. Dengan profilnya itu, 'dive coaster' ini dijuluki yang tertinggi, tercepat dan terpanjang di dunia.

Pada beberapa bagian, 'dive coaster' itu memiliki titik luncur yang cukup tajam -- membuat adrenalin siapapun terpacu.

7. Gereja dengan Menara Tertinggi - Jerman
Gereja dengan menara tertinggi di dunia ada di Jerman (oddee)
Menurut Guinness World Records, gereja dengan menara tertinggi di dunia adalah Ulm Münster -- sebuah gereja Protestan di Ulm, Jerman. Rumah ibadah ini mulai dibangun sejak era Gothic dan pengerjaannya belum rampung sampai Abad ke-19.

Ulm Münster adalah gereja tertinggi di dunia dan empat struktur bangunan tertingginya dibangun sebelum abad 20. Menara gereja itu memiliki tinggi 161,5 meter dan terdiri atas 768 anak tangga.

Dari ketinggian 143 meter, terdapat panorama Kota Ulm di Baden-Württembergand Neu-Ulm, Bavaria dan jika cuaca cukup cerah pengunjung bisa menikmati pemandangan Pegunungan Alpen.

8. Pohon Natal Tertinggi - Belanda


Pohon natal tertinggi di dunia ada di Belanda (oddee)
Sejatinya, yang ada di Belanda ini bukanlah sebuah pohon sungguhan melainkan menara siaran tertinggi -- the Gerbrandy Tower yang setiap tahunnya disulap menjadi pohon natal setinggi 366,8 meter.

Dibangun pada tahun 1961, the Gerbrandy Tower yang memiliki tinggi 382,5 meter adalah objek tertinggi di Eropa pada masanya.

9. 'Kurcaci' Tertinggi - Austria


'Kurcaci' tertinggi di dunia berasal dari Austria (oddee)
Sedikit sekali informasi yang dapat diperoleh tentang kehidupan Adam Rainer -- sosok yang dianggap memiliki catatan sejarah dalam dunia medis. Pria yang lahir di Austria pada tahun 1899 ini diketahui memiliki tinggi hanya 1,18 meter pada usianya 21 tahun -- membuat dokter memanggilnya 'kurcaci'.

Namun selang beberapa tahun, Rainer mengalami percepatan pertumbuhan yang mengejutkan. Pada usianya yang ke 32 tahun ia memiliki tinggi 2,18 meter. Hal itu disebabkan oleh tumor di otak kecilnya yang membuat tinggi badannya melejit.

Cepatnya pertumbuhan yang ia alami sekaligus tumor ganas, membuat tubuhnya dilanda rasa lelah -- memaksa ia lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur.

Rainer meninggal dunia pada usia 51 tahun dengan tinggi mencapai 2,34 meter -- dua kali tinggi badannya ketika ia berusia 21 tahun.

10. Patung Dewa Tertinggi - Nepal


Patung Dewa Shiva di Nepal (oddee)
Siapa menyangka bahwa patung Dewa Shiva tertinggi atau yang dikenal dengan patung Kailashnath Mahadev bisa ditemukan di sebuah negara kecil di Asia?

Ya, patung Dewa Shiva setinggi 43,5 meter itu terletak di Sanga, sekitar 20 km dari ibukota Nepal, Kathmandu. Butuh waktu sekitar tujuh tahun bagi ratusan pekerja asal Nepal dan India untuk menyelesaikan patung yang terbuat dari unsur tembaga, seng, baja dan semen itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini