Sukses

Eks Presiden AS Jimmy Carter Klaim Sembuh dari Kanker Otak

Sebelumnya, Presiden AS periode 1977 hingga 1981 itu mengumumkan menderita kanker otak pada Agustus 2015.

Liputan6.com, Georgia - Kanker otak tak lagi menghantui mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter. Pria berusia 91 tahun ini menyatakan dirinya sembuh dari kanker otak.

Seperti dikutip BBC dari Atlanta Journal-Constitution (AJC), Carter mengumumkan kabar tersebut di sebuah sekolah minggu di Plains, Georgia, AS.

Sebelumnya, Presiden AS periode 1977 hingga 1981 dan memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2002 itu mengumumkan menderita kanker otak pada Agustus 2015.

"Saya hanya berpikir masih punya beberapa minggu lagi," ucap Carter saat jumpa pers yang disiarkan televisi nasional dari Carter Center, seperti dilansir LA Times, Jumat 21 Agustus 2015.

Saat itu, fakta-fakta medis Carter cukup mengkhawatirkan. Namun dokter masih tidak tahu sumber dari mana kanker melanomanya berasal. Kanker ini berhasil terdeteksi di hatinya pada Mei lalu. Di awal Agustus 2015, dokter kembali menemukan 4 bintik kecil pada otak Carter.

Namun pada bulan lalu, Presiden ke-39 AS itu mengatakan dirinya memberikan respons positif terhadap perawatan. Ia pun tidak terlihat adanya isyarat pertumbuhan baru kanker.

Jill Stuckey, anggota jemaat Gereja Baptis Maranatha di Plains mengatakan kepada AJCJimmy Carter sedang mengajar kelas yang dihadiri 350 orang sewaktu menyampaikan pemberitahuan tersebut.

"Dia menjalani pemindaian minggu ini dan kanker sudah menghilang," beber Stuckey seperti dikutip dari, BBC, Senin (7/12/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.