Sukses

Terdampar di India 1 Dekade, Wanita Misterius Ini Dipulangkan

Wanita 'misterius' tanpa keluarga yang sekarang berusia 23 tahun itu diterbangkan dari Karachi dengan maskapai penerbangan Pakistan.

Liputan6.com, Karachi - Seorang perempuan India yang terdampar di Pakistan selama 1 dekade, akhirnya dipulangkan ke kampung halaman oleh pihak berwenang. Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah benar keluarganya yang berada di Ibukota New Delhi itu.

"Perempuan bernama Geeta itu menolak mengakui keluarganya," kata Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj seperti dikutip dari BBC, Selasa (27/10/2015).

Wanita 'misterius' tanpa keluarga yang sekarang berusia 23 tahun itu diterbangkan dari Karachi dengan maskapai penerbangan Pakistan International Airlines. Di bandara, pejabat Pakistan memberinya banyak hadiah serta karangan bunga.

Mengenakan syal merah dan putih di atas kepalanya, Geeta tersenyum, berpose untuk foto dan menggunakan isyarat gerakan tangan untuk berterima kasih kepada para pengasuhnya di Pakistan atas keramahan mereka.

Ia tiba di India pada Senin 26 Oktober pagi waktu setempat, didampingi beberapa pengurus Yayasan Edhi -- yayasan di Pakistan yang selama ini mengurus Geeta. Banyak anak sekolah dan anggota masyarakat menyambut kedatangan Geeta di bandara.

"Geeta akan melakukan 2 tes DNA, untuk memastikan bahwa ia benar-benar disatukan kembali dengan keluarganya yang sebenarnya," jelas Kementerian Luar Negeri India.

Langkah pemulangan Geeta diambil beberapa hari setelah ia mengidentifikasi keluarganya dari foto yang dikirim diplomat India.

Geeta yang seorang tunarungu dan tunawicara diduga secara tak sengaja menyeberang ke wilayah Pakistan.
Tanpa bisa berkomunikasi dengan lancar, ia yang saat itu berusia 11 tahun diserahkan oleh pihak berwenang kepada Yayasan Edhi.

Selama ini pula ia berada di rumah penampungan yang dikelola yayasan itu.

Kasusnya mengemuka setelah muncul film Bollywood Bajrangi Bhaijaan, yang menceritakan kisah seorang gadis Pakistan tak dapat berbicara dan terjebak di India.

Terlepas dari keluarga dari negara bagian timur Bihar yang diidentifikasi Geeta dari foto dan akan bertemu di Delhi, ada 2 keluarga lain yang mengklaim sebagai keluarganya.

"Jika hasilnya tes DNA membuktikan bahwa mereka memang ada hubungan, kami akan menasihati Geeta untuk menerima keluarganya. Jika hasil tes negatif, ia akan dirawat di rumah penampungan sampai keluarganya ditemukan," tutur Menteri Swaraj.

"Apakah orangtuanya ditamukan atau tidak, Geeta adalah putri kami. Saya berterima kasih Pakistan dari lubuk hati yang paling dalam, setelah mencarinya sekian lama," pungkas Swaraj. (Tnt/Rie)

Baca Juga:

Kisah 'Vampir' Sungguhan, Orang-orang yang Minum Darah Manusia 

Kala Bayi 11 Bulan Dinikahkan dengan Bocah 9 Tahun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini