Sukses

NASA Buka Pendaftaran untuk Ukir Nama di Planet Mars

NASA mengundang masyarakat umum untuk menitipkan nama supaya dikirim ke planet Mars.

Liputan6.com, Washington DC, Amerika Serikat - Pernah terbayangkan mengirim pesan tertulis ke planet lain? Ternyata penawaran dari NASA bisa menjawab keinginan ini. Dalam laman resmi NASA dijelaskan bahwa mereka menerima tkiriman nama dari masyarakat untuk dibawa ke planet Mars.

Sampai tanggal 8 September 2015 nanti, masyarakat dapat menitipkan nama untuk diukir di atas keping mikro (microchip) berbahan silikon yang akan dibawa oleh pesawat ruang angkasa InSight yang akan diluncurkan tahun depan.

InSight, pesawat NASA untuk pendaratan di planet Mars (sumber: NASA)

Penawaran ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan NASA. Pada Desember 2014 lalu, ada 1,38 juta nama diukir di atas keping silikon yang dibawa dalam penerbangan eksperimen pesawat angkasa tak berawak, Orion. Uji coba ini merupakan pendahuluan Orion Exploration Mission-1 yang akan membawa para astronot dan akan diluncurkan sebelum tahun 2018.

Mereka yang ikut serta akan mendapatkan poin ‘frequent flyer’ untuk menerima kabar perkembangan tentang penerbangan di masa depan dan sebuah ‘boarding pass” sebagai bentuk penghargaan atas dukungan mereka kepada NASA.

Pesawat InSight itu sendiri akan diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California pada Maret 2016 nanti. Misi itu merupakan misi antarplanet pertama AS yang diluncurkan dari Pantai Barat. Pesawat pendarat ini dirancang berdasarkan pesawat pendarat Phoenix milik NASA yang telah siaga di Kutub Utara planet Mars pada 2008.

Misi InSight dirancang selama 720 hari di dekat khatulistiwa Planet Merah itu. Pesawat itu memiliki lengan robotik untuk menempatkan sejumlah perangkat, termasuk untuk penanaman pengukur aliran panas yang ditanam hingga 4,5 meter di bawah permukaan planet.

InSight, pesawat NASA untuk pendaratan di planet Mars (sumber: NASA)

Tujuan misi ini bukan hanya untuk mempelajari planet Mars, tapi juga untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang pembentukan planet-planet berbatu di bagian dalam sistem tata surya kita. Sekali lagi, untuk yang berminat, ajukan nama Anda kepada NASA sebelum Selasa, 8 September 2015. (Alx/hdy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini