Sukses

Unik, Peluncuran Telur ke Luar Angkasa

Walau tampak remeh, ternyata upaya peluncuran telur ke angkasa ini bisa mencapai ketinggian 45 kilometer.

Liputan6.com, Swaton, Inggris Ada-ada saja yang dilakukan warga Inggris dalam mengisi waktu luang mereka. Sebuah kejuaraan digelar di Inggris melibatkan peluncuran telur ke luar angkasa. Acara ini dinamakan Swaton Vintage Day and World Egg Throwing Championships 2015. Dalam acara ini mereka juga meluncurkan balon cuaca "Eggsplorer 1" yang ‘ditumpangi’ oleh sebutir telur hingga mencapai ketinggian sekitar 45 kilometer di udara sebelum jatuh ke permukaan bumi.

Video peluncuran balon cuaca dan telur ini mendapatkan banyak reaksi di situs YouTube. Namun, sayang sekali kamera di atas "Eggsplorer1" tidak berhasil mengambil gambar karena mengalami malfungsi setelah peluncuran. 

World Egg Throwing Championship 2015 (Business Insider)

Acara tahunan yang berlangsung pada 28 Juni 2015 lalu ini juga disetrakan peluncuran balon helium berbentuk telur yang diketahui melakukan perjalanan hingga 21 kilometer dekat perbatasan Denmark.

Melalui situs resmi Egg Throwing Federation dijelaskan bahwa ‘olahraga’ ini memiliki akar tradisi yang panjang, hingga tahun 1322.

Saat itu diyakini desa kuno Swaton telah berdiri sebelum zaman Romawi. Kepala Biara yang baru diangkat dan ditugaskan ke Paroki Swaton sesuai keputusan kerajaan, menemukan cara yang cerdik agar kehadiran orang di gereja meningkat.

Karena ia satu-satunya orang di permukiman yang memiliki ayam sendiri, ia memberikan satu telur untuk setiap orang yang mendengar dan hadir dalam khotbah-khotbahnya.

Namun, ketika sungai Eau di daerah tersebut menguap, jemaat gerejanya tidak bisa hadir di gereja, sehingga para biarawan melemparkan telur-telur kepada anggota jemaat yang sedang menunggu di seberang sungai.

Kisah ini menjadi inspirasi dari versi modern ‘olahraga’ ini yang pertama kali digelar pada tahun 2004.

<iframe class="vidio-embed" src="http://www.vidio.com/embed/113297-unik-peluncuran-telur-ke-luar-angkasa" width="560" height="317" scrolling="no" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini