Sukses

Bukan Hanya untuk Kue, Baking Soda Juga Dapat Memaksimalkan Proses Laundry

Liputan6.com, Jakarta Baking soda dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat adonan kue. Namun ternyata bahan ini juga bisa membantu Anda menyelesaikan beberapa masalah cucian baju atau laundry.

Baking soda merupakan pembersih dan penghilang bau alami. Dengan menambahkan baking soda saat mencuci, Anda bisa menghilangkan bau dengan lebih cepat, melembutkan pakaian, serta mempertahankan warna putih pada baju putih Anda.

Dilansir dari Well and Good, Minggu (17/6/2018), berikut adalah manfaat baking soda untuk keperluan laundry yang bisa Anda terapkan saat mencuci baju:

Menghilangkan bau pada cucian

Keringat yang bercampur dengan bakteri dapat menyebabkan bau pada pakaian. Dengan menambahkan baking soda saat mencuci, deterjen dapat bekerja lebih efektif untuk mengurangi bakteri sehingga mampu menghilangkan bau pada pakaian kotor.

Caranya adalah dengan melarutkan satu gelas kecil baking soda dalam air hangat. Isi bak cuci dengan air kemudian tuangkan larutan baking soda ke dalamnya. Rendamlah pakaian di dalamnya selama kira-kira 30 menit kemudian cuci seperti biasa.

Melembutkan pakaian

Baking soda juga bisa digunakan sebagai pelembut pakaian alami dan tidak menyebabkan iritasi. Bahan ini membantu mengatur tingkat pH dalam air bilasan dan menjaganya agar tidak terlalu asam atau basa. Menambahkan ½ cangkir baking soda ke dalam air bilasan terakhir cucian akan menyeimbangkan kandungan deterjen sehingga pakaian tidak terlalu kaku saat kering.

 

1 dari 3 halaman

Menghilangkan bekas deodorant

Jika Anda terbiasa menggunakan deodorant, pakaian di bagian ketiak akan terdapat noda putih yang sulit dihilangkan. Campur 4 sendok makan baking soda dan 1/4 cangkir air hangat untuk menciptakan pasta. Basahi noda dengan air dan kemudian tempelkan pasta ke area tersebut dan diamkan selama 30 hingga 60 menit. Akhiri dengan membilas pasta dan kemudian cuci seperti biasa.

Memutihkan kain

Untuk menjaga pakaian putih Anda tetap putih bersih, tambahkan 1/4 cangkir soda kue ke air cucian Anda.

 

2 dari 3 halaman

Membersihkan mesin cuci Anda

Mesin cuci juga harus dibersihkan secara rutin mengingat tugasnya adalah menyingkirkan keringat, kotoran, dan kuman dari helaian baju. Buat campuran dari 1/4 cangkir baking soda, 1/4 cangkir air, dan 2 cangkir cuka putih. Isi bak mesin cuci dengan air kemudian tuangkan campuran tadi ke dalam air. Putar seolah sedang mencuci baju lalu keringkan. Setelah selesai, bersihkan permukaan bak dengan menggunakan lap.

Ana Fauziyah

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Dahsyat, Pakaian Bersih Setelah Dicuci Pakai Baking Soda
Artikel Selanjutnya
Laundry, Peluang Usaha di Era Milenial