Sukses

Tips Hilangkan Rasa Bosan di Rumah untuk Difabel (I)

Menjadi penyandang disabilitas bagi sebagian orang bukanlah alasan untuk tinggal di rumah saja. Namun, untuk penyandang disabilitas lain bisa saja keluar rumah menjadi hal yang menyulitkan.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi penyandang disabilitas bagi sebagian orang bukanlah alasan untuk tinggal di rumah saja. Namun, untuk penyandang disabilitas lain bisa saja keluar rumah menjadi hal yang menyulitkan.

Dilansir dari disabilityhorizons.com, ada beberapa cara hilangkan rasa bosan ketika terjebak di rumah. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:

Mendengarkan musik dan podcast

Sebagian orang ada yang sangat menyukai musik hingga tak bisa hidup tanpa musik. Seperti halnya Raya Al Jadir seorang jurnalis lepas pengguna kursi roda.

"Jujur, aku tidak bisa hidup tanpa musik. Apapun yang ku lakukan, harus ada musik yang mengiringi. Saat membaca, bekerja, menulis, musik adalah teman setiaku," tulis Raya dalam disabilityhorizons.com.

Selain musik, podcast juga dapat menjadi pilihan. Podcast dapat menyajikan berbagai topik. Setiap orang tinggal mencari, memilih, dan mendengarkan topik yang disukai.

Menjahit dan merajut

Melakukan kegiatan kreatif seperti menjahit dan merajut dapat membantu menghilangkan kebosanan. Selain mengasah keterampilan, kegiatan ini juga dapat membuat waktu terasa berjalan begitu cepat. Hasil rajutan pun menjadi karya yang dapat disimpan atau bahkan dijual. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kursus Online

Bermain media sosial

Tak dapat dimungkiri, sosial media adalah salah satu hal yang disukai banyak orang. Hampir semua pengguna ponsel pintar dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di dunia maya.

Hal ini ada baiknya juga karena dapat mengurangi depresi dan kecemasan. Sosial media juga dapat membantu dalam mengetahui berita terhangat. Melihat segala hal yang terjadi di seluruh dunia dan melihat berbagai sudut pandang orang.

Lakukan kursus online

Dewasa ini banyak penyelenggara kursus dalam jaringan. Misal kursus menulis dan lain-lain. Daripada membuang waktu sia-sia lebih baik mencari info kursus dan mengikuti kursus tersebut.

Selain dapat dilakukan di rumah dengan bermodal ponsel atau komputer, kursus juga dapat memberikan keterampilan baru. Dengan demikian, kemampuan tersebut dapat dimasukan untuk melengkapi CV.

Membaca

Membaca buku dapat sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Buku-buku pun beragam genrenya, pilih buku yang paling disukai. Membaca buku dapat menghadirkan sensasi tersendiri.

Namun, sebagian orang dengan disabilitas kesulitan membuka lembaran buku. Tidak usah khawatir, karena kini buku hadir dalam bentuk elektronik atau e-book. Bahkan ada juga buku yang berbentuk audio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.