Sukses

Miliarder Ungkap 4 Alasan Pertimbangkan Investasi Bitcoin

Miliarder asal Meksiko, Ricardo Salinas merinci empat alasan investor harus mempertimbangkan Bitcoin sebagai investasi.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder asal Meksiko, Ricardo Salinas, seorang pendukung bitcoin terkenal dan ketua Grupo Salinas, mengomentari lonjakan mata uang kripto baru-baru ini di platform media sosial X.

Dikutip dari News.bitcoin, Senin (19/2/2024) Salinas membagikan wawasan tentang investasi dalam Bitcoin, dan membeberkan empat alasan dirinya yakin investor harus mempertimbangkan untuk membeli aset kripto tersebut.

“Bayangkan Anda baru saja menerima gaji pertama setelah lulus kuliah. Anda punya beberapa pilihan bagaimana membelanjakan atau menginvestasikan uang itu,” tulis Salinas dalam postingannya di X.

Miliarder itu kemudian merinci empat alasan investor harus mempertimbangkan Bitcoin sebagai investasi.

Alasan pertama, Salinas menyoroti potensi pertumbuhan jangka panjang Bitcoin, yang menentukan jangka waktu investasi 10 tahun atau lebih.

"Berinvestasi dalam bitcoin seperti bertaruh pada perusahaan baru namun menjanjikan pada tahap awal. Meskipun berfluktuasi dan berisiko, Bitcoin telah menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan sejak awal, mengungguli banyak jenis investasi lain dalam hal pengembalian. Ini adalah peluang untuk menjadi bagian sebuah teknologi baru yang berpotensi mendefinisikan ulang sistem keuangan global," ujar dia.

Alasan kedua untuk berinvestasi dalam Bitcoin adalah kemudahan akses dan likuiditas.

Salinas menjelaskan, bahwa tidak seperti beberapa investasi tradisional, seperti real estat atau dana tertentu yang memerlukan komitmen jangka panjang dan sulit untuk dilikuidasi dengan cepat, Bitcoin dapat dibeli dan dijual dalam jumlah berapa pun hampir secara instan melalui platform online.

"Hal ini menawarkan fleksibilitas dan akses terhadap dana Anda saat Anda membutuhkannya," katanya, seraya memperingatkan "hal ini juga berarti mudahnya bereaksi secara impulsif terhadap fluktuasi pasar."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Ketiga

Alasan ketiga, menurut Salinas, adalah diversifikasi portofolio investasi.

Tetapi ia juga mengingatkan pentingnya untuk tidak menaruh semua telur dalam satu keranjang, mengatakan bahwa berinvestasi dalam Bitcoin dapat menjadi cara sederhana dan cepat untuk mendiversifikasi investasi.

"Mata uang kripto seringkali tidak mengikuti tren yang sama dengan pasar saham atau obligasi, yang berarti ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi risiko," bebernya.

Alasan terakhir adalah perlindungan dari dampak inflasi dan devaluasi mata uang.

"Dengan kekhawatiran global terhadap inflasi dan devaluasi mata uang tradisional, Bitcoin disajikan sebagai alternatif dengan pasokan maksimum yang terbatas (hanya 21 juta yang akan dibuat). Hal ini berbeda dengan mata uang fiat, yang dapat dicetak oleh pemerintah tanpa batas waktu, sehingga berpotensi menurunkan nilainya seiring berjalannya waktu," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Tetap Ada Risiko

Saat merekomendasikan Bitcoin, Salinas memperingatkan investor bahwa kripto memiliki risiko, termasuk volatilitas dalam jangka pendek dan ketidakpastian peraturan.

Dalam postingan X lainnya pada hari Senin, dia menawarkan strategi bagi investor untuk memanfaatkan potensi kenaikan harga BTC dalam jangka panjang.

"Anda harus tahu cara berinvestasi dan bersabar, tidak takut ketika turun dan membeli, dan tidak bersemangat ketika naik dan menjual," kata dia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini