Sukses

Harga Kripto Hari Ini 9 November 2023: Bitcoin dkk Kembali Sumringah

Deretan kripto teratas terpantau kembali kompak menghijau pada perdagangan Kamis (9/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Kamis, (9/11/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih menguat 1,39 persen dalam 24 jam dan 1,56 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 35.777 atau setara Rp 558,8 juta (asumsi kurs Rp 15.619 per dolar AS).

Ethereum (ETH) kembali menguat. ETH naik 0,69 persen sehari terakhir dan 2,52 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 29,55 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik tipis 0,09 persen dan 8,16 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 3,84 juta per koin. 

Kemudian kripto Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA menguat 2,47 persen dalam 24 jam terakhir dan 16,10 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.585 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali perkasa. SOL terbang 0,37 persen dalam sehari dan 0,24 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 669.931 per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona hijau. XRP naik 1,02 persen dalam 24 jam dan 12,92 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 10.755 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali perkasa. Dalam satu hari terakhir DOGE meningkat 2,99 persen dan 9,80 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.180 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,35 triliun atau setara Rp 21.086 triliun. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketua SEC Gary Gensler Minta Perusahaan Kripto Berhenti Tipu Investor

Sebelumnya diberitakan, dalam sebuah postingan X, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS Gary Gensler mengingatkan perusahaan kripto untuk mematuhi undang-undang sekuritas, dengan tidak menipu investor. 

Ini dilakukan Gensler dalam rangka memperingati 15 tahun whitepaper Bitcoin. Gensler juga menanyakan apakah pencipta mata uang kripto pertama Bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto, dapat diidentifikasi dalam kostum Halloween.

"Setiap perusahaan kripto yang menipu investor harus mulai memperlakukan mereka untuk mematuhi undang-undang sekuritas,” kata Gensler, dikutip dari Coinmarketcap, ditulis Selasa (6/11/2023). 

Di bawah kepemimpinan Gensler, SEC telah mengambil sikap tegas terhadap industri aset digital, menuntut pemain kripto besar seperti Binance, Coinbase, dan Kraken. Sumber utama kekhawatiran Gensler adalah penjualan sekuritas yang tidak terdaftar oleh perusahaan kripto. 

Kritikus, termasuk para pemimpin industri dan anggota parlemen, menuduh Gensler menciptakan ambiguitas peraturan dan menghambat inovasi. Hal ini terjadi ketika SEC sedang meninjau banyak ETF Bitcoin spot, karena industri kripto memantau dengan cermat peristiwa ini.

Terkait ETF Bitcoin, Gensler kembali mengungkapkan SEC memiliki 8 hingga 10 pengajuan kemungkinan produk yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin untuk dipertimbangkan.

Bitcoin telah menguat minggu ini di tengah spekulasi persetujuan SEC akan segera terjadi untuk dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) dipandang sebagai pendorong permintaan karena akan memungkinkan investor untuk mendapatkan paparan langsung terhadap mata uang kripto melalui produk yang terdaftar di bursa.

 

3 dari 4 halaman

Hakim Desak Keputusan SEC Soal Rencana Celsius Jadi Penambang Kripto

Sebelumnya diberitakan, regulator sekuritas Amerika Serikat (AS) telah didesak untuk memutuskan apakah mereka akan menyetujui rencana untuk mengubah Celsius Network menjadi perusahaan penambangan bitcoin. 

Proposal tersebut berupaya untuk membayar kembali pelanggan pemberi pinjaman mata uang kripto yang bangkrut dengan aset kripto dan saham di entitas pertambangan publik baru.

Melansir Bitcoin, Rabu (1/11/2023), Hakim Martin Glenn, yang mengawasi kebangkrutan Celsius, telah meminta Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk segera memutuskan apakah mereka akan memberi wewenang kepada perusahaan tersebut untuk mengubah dirinya menjadi perusahaan penambangan kripto. Hal itu diungkapkan oleh Bloomberg. 

Dalam sidang pengadilan pada Senin, Glenn mengatakan kepada pengacara yang mewakili regulator dia berharap SEC akan mempercepat proses pengambilan keputusan karena Celsius dan kreditornya telah segera menyelesaikan Bab 11. 

"SEC akan mengambil keputusan apa pun yang dianggap benar.  Saya hanya berharap prosesnya akan berjalan maju, jadi jika ada kendala yang menghadang, kami dapat mencoba menyelesaikannya di sepanjang jalan,” kata dia. 

Rencananya adalah membayar sebagian pelanggan yang memiliki rekening yang dibekukan sejak sebelum pemberi pinjaman mengajukan kebangkrutan pada Juni 2022, menggunakan campuran mata uang kripto dan saham di entitas penambangan kripto.  Dalam rincian laporan tersebut, yang terakhir akan memiliki tim manajemen baru yang dipimpin oleh Arrington Capital. 

Glenn mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan keputusan sesegera mungkin, tetapi meskipun demikian, pengaturan tersebut masih memerlukan persetujuan dari regulator sekuritas.  Jika rencana untuk keluar dari Bab 11 melalui transformasi yang disarankan menjadi bisnis baru gagal, perusahaan kripto tersebut dapat dilikuidasi.

 

 

4 dari 4 halaman

Taiwan Bakal Kenalkan Undang-Undang Baru Kripto

Sebelumnya diberitakan, Taiwan telah memperkenalkan undang-undang kripto untuk pembacaan pertamanya kepada Legislatif Yuan, parlemen negara tersebut. RUU yang diusulkan pada Jumat, mengamanatkan platform kripto di Taiwan untuk mengajukan izin operasi. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Sabtu (28/10/2023), kegagalan untuk melakukan hal ini dapat mengakibatkan penghentian paksa operasi mereka. Komisi Pengawas Keuangan Taiwan bulan lalu meluncurkan pedoman yang mendorong industri kripto lokal untuk merancang standar pengaturan mandiri mereka sendiri, menurut Blok tersebut.

Salah satu anggota parlemen yang mendukung proposal tersebut, Yung-Chang Chiang, mengatakan kepada outlet media kripto undang-undang khusus akan memberikan otoritas pengatur kekuasaan untuk mengenakan sanksi administratif pada entitas yang melanggar aturan pengaturan mandiri.

Chiang dilaporkan menambahkan tanggal untuk pembacaan kedua belum ditentukan. Taiwan menjadi negara yang cukup keras dalam mengatur aset kripto. Sebelumnya, Komisi Pengawas Keuangan Taiwan (FSC) mengambil langkah-langkah untuk mengatur pertukaran kripto yang beroperasi di dalam perbatasan negara. 

Badan tersebut berencana untuk melarang pertukaran kripto luar negeri yang gagal memenuhi permintaan untuk mendaftar ke regulator Taiwan. FSC telah menyusun sepuluh prinsip panduan untuk regulasi mata uang virtual, yang diharapkan akan diterbitkan akhir bulan ini. 

Prinsip-prinsip tersebut kemudian akan digunakan oleh lembaga-lembaga publik untuk merumuskan norma-norma peraturan tertentu, meskipun hal ini akan tetap terbuka untuk diubah seiring dengan berkembangnya penelitian dan standar internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini