Sukses

Texas Beri Insentif Rp 486 Miliar untuk Penambang Bitcoin

Operator jaringan listrik Texas membayar perusahaan tersebut sebesar USD 31,7 juta atau setara Rp 486,9 miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai perusahaan penambangan, Riot Platforms menjalankan ribuan komputer dalam upaya menghasilkan mata uang digital yang menghabiskan banyak energi. Namun, baru-baru ini, perusahaan tersebut mendapat banyak uang dari Texas untuk menurunkan penggunaan listrik operasi penambangan.

Riot mengatakan pada Rabu, 6 September 2023, operator jaringan listrik Texas membayar perusahaan tersebut sebesar USD 31,7 juta atau setara Rp 486,9 miliar (asumsi kurs Rp 15.361 per dolar AS) dalam bentuk kredit energi pada Agustus.

Biaya yang diberikan Texas sekitar USD 22 juta atau setara Rp 337,9 miliar lebih banyak dari nilai bitcoin yang ditambangnya pada bulan itu untuk mengurangi konsumsi energinya selama gelombang panas yang memecahkan rekor di Amerika.

Dewan Keandalan Listrik Texas, yang mengoperasikan jaringan listrik di negara bagian tersebut, mengeluarkan kredit tersebut untuk memberi insentif kepada perusahaan-perusahaan agar mengurangi aktivitas yang mungkin membebani sistem energi negara bagian yang sudah kelebihan beban.

CEO Riot, Jason Les mengatakan Efek dari kredit ini secara signifikan menurunkan biaya Riot dalam menambang Bitcoin.

“Efek dari kredit ini secara signifikan menurunkan biaya Riot untuk menambang bitcoin dan merupakan elemen kunci dalam menjadikan Riot salah satu produsen bitcoin dengan biaya terendah di industri ini,” kata Les, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (9/9/2023). 

Riot, yang diperdagangkan secara publik, pada 2022 melaporkan kerugian lebih dari USD 500 juta atau setara Rp 7,6 triliun. Pada kuartal terakhir, perusahaan mengalami kerugian sekitar USD 27 juta atau setara Rp 414,4 miliar dan pendapatan USD 76,7 juta atau setara Rp 1,1 triliun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keuntungan Perusahaan Penambangan Bitcoin MARA Melonjak Tiga Kali Lipat

Sebelumnya, kerugian kuartal kedua perusahaan penambangan Bitcoin, Marathon Digital Holdings (MARA) menurun dan pendapatan melonjak karena penambang Bitcoin meningkatkan penjualan cryptocurrency setelah harga pulih.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (14/8/2023), pendapatan MARA lebih dari tiga kali lipat menjadi USD 81,8 juta atau setara Rp 1,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.214 per dolar AS), tetapi di bawah perkiraan analis yang disurvei oleh Bloomberg sebesar USD 83,45 juta atau setara Rp 1,26 triliun.

MARA memulai program tahun ini untuk menjual Bitcoin hasil tambangannya sebagai cara untuk mengimbangi biaya operasional. Itu menyadari hasil bersih sekitar USD 17,6 juta atau setara Rp 267,7 miliar dari penjualan sekitar 1.800 token pada kuartal kedua. 

Pada 30 Juni, perusahaan memiliki hampir 150.000 alat penambangan yang beroperasi dan memiliki 12.538 Bitcoin.

Jadi Perusahaan Penambangan Kripto dengan Pertumbuhan Tercepat

Marathon Digital telah menjadi salah satu perusahaan pertambangan dengan pertumbuhan tercepat dengan daya komputasi sejak industri tersebut bermigrasi ke AS setelah larangan pemerintah China terhadap penambangan kripto pada Mei 2021. 

Penambang mengumpulkan ratusan juta dolar dengan menjual saham dan pembiayaan utang. Perusahaan mengatakan pada Mei telah mengembangkan fasilitas penambangan Bitcoin di Abu Dhabi sambil terus memberi energi pada mesin di lokasi di seluruh AS, termasuk North Dakota dan Texas.

Ekspansi tersebut terjadi meskipun harga Bitcoin rendah, biaya listrik yang melonjak, dan lebih banyak persaingan di industri tahun lalu. Kekalahan pasar yang berkepanjangan dan kenaikan tarif listrik tahun lalu anjlokkan margin pertambangan yang telah mencapai puncaknya sebanyak 90 persen dalam kenaikan pada akhir 2021.

 

3 dari 4 halaman

Malaysia Bongkar Penambangan Kripto Ilegal

Perusahaan utilitas negara, Sarawak Energy, dan departemen kepolisian Malaysia mengumumkan pembongkaran penambangan kripto yang diduga tidak sah yang didirikan di Miri, Sarawak, Malaysia. 

Pihak berwenang menangkap sekitar 34 penambang sirkuit khusus aplikasi (ASIC) dan koneksi terkait mereka.

“Semua peralatan yang digunakan untuk operasi penambangan, termasuk kabel penyadapan langsung dan server, disita. Laporan polisi telah diajukan dan penyelidikan sedang dilakukan,” kata Sarawak Energy, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (1/8/2023).

Dibandingkan dengan wilayah global lainnya, tarif listrik di Malaysia relatif rendah. Dengan demikian, Sarawak Energy melaporkan lonjakan insiden pencurian listrik selama beberapa tahun terakhir. Kasus khusus ini diperkirakan menelan biaya pabrik energi USD 1.317 per bulan atau setara Rp 19,9 juta (asumsi kurs Rp 15.111 per dolar AS).

Diduga, 137 perangkat ASIC disita dari situs tersebut sementara penegak hukum melanjutkan penyelidikan mereka. Pada Februari 2021, pihak berwenang Malaysia menangkap tujuh orang karena mencuri listrik senilai USD 2,15 juta atau setara Rp 32,4 miliar untuk menambang Bitcoin. 

 

4 dari 4 halaman

Terjadi pada 2021

Kemudian pada Juli 2021, pejabat Malaysia menghancurkan lebih dari USD 1,2 juta atau setara Rp 18,1 miliar peralatan penambangan Bitcoin setelah menyitanya untuk operasi ilegal.

Pada bulan yang sama, pejabat di Kota Miri, Sarawak menyita 1.069 alat penambangan dari para penambang yang dituduh mencuri listrik untuk operasi mereka. 

Sebuah laporan yang dirilis pada 27 Juli menunjukkan Sarawak Energy memiliki peralatan yang diperlukan dan tim inspeksi meteran untuk mendeteksi pencurian tersebut, termasuk penyadapan langsung bawah tanah dan meteran yang dirusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.