Sukses

Jadi Buronan, Interpol Keluarkan Red Notice untuk Pendiri Terra Do Kwon

Korea Selatan mengatakan Interpol telah mengeluarkan peringatan merah untuk pendiri Terra, Do Kwon.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak berwenang Korea Selatan mengatakan organisasi polisi internasional (Interpol) telah mengeluarkan red notice atau peringatan merah untuk salah satu pendiri Terraform Labs, Do Kwon.

Kwon telah didakwa melanggar aturan pasar modal di Korea Selatan dan menghadapi tantangan hukum di berbagai yurisdiksi. Menurut pesan teks jaksa Korea Selatan, pemberitahuan merah untuk co-founder Terraform Labs kini telah dikeluarkan, yang berarti lembaga penegak hukum di seluruh dunia sekarang akan bekerja sama untuk menemukan dan menangkap pendiri kripto.

Pemberitahuan merah Interpol dikeluarkan untuk buronan yang dicari baik untuk penuntutan atau untuk menjalani hukuman, bertindak sebagai permintaan kepada penegak hukum di seluruh dunia untuk menemukan dan untuk sementara menangkap seseorang yang menunggu ekstradisi, penyerahan, atau tindakan hukum serupa.

Meskipun begitu, pada saat penulisan, Kwon belum muncul di daftar red notice Interpol, yang menampilkan total 7. 512 nama. Dilansir dari Decrypt, Interpol mengatakan tidak mengomentari kasus dan individu tertentu. 

“Harap dicatat secara terpisah sebagian besar Red Notice tidak dipublikasikan dan dibatasi untuk penggunaan penegakan hukum saja,” ujar pihak Interpol, dikutip dari Decrypt, Selasa (27/9/2022). 

Pihak Berwenang Memburu Kwon

Kwon, bersama dengan salah satu pendiri Terraform Labs Daniel Shin, adalah orang kunci di balik stablecoin algoritma TerraUSD, yang pernah menjadi aset terbesar kesembilan di industri berdasarkan kapitalisasi pasar, dan token saudaranya LUNA.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memburu Do Kwon

Ekosistem Terra hancur pada Mei tahun ini, mengakibatkan kerugian besar di pasar kripto, dengan lebih dari USD 40 miliar atau setara Rp 609,2 triliun kekayaan investor musnah dalam hitungan beberapa minggu.

Sebelumnya, Jaksa Korea Selatan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Kwon pada 14 September. Mereka juga meminta kementerian keuangan untuk membatalkan paspornya. Ini diikuti oleh permintaan Interpol untuk mengeluarkan red notice terhadap Do Kwon

Menurut jaksa Korea Selatan, Kwon berangkat ke Singapura pada akhir April, tetapi keberadaannya masih belum jelas. Polisi Singapura mengatakan awal bulan ini dia tidak berada di negara kota itu.

Terakhir kali Kwon muncul di media sosial adalah pada 17 September, ketika dia muncul ke Twitter untuk mengatakan dia tidak dalam pelarian atau hal serupa. 

Dia juga sempat mengatakan untuk setiap lembaga pemerintah yang telah menunjukkan minat untuk berkomunikasi dan tidak menyembunyikan apapun.

3 dari 4 halaman

Pengadilan Korsel Rilis Surat Perintah Penangkapan CEO Terraform Labs Do Kwon

Sebelumnya, Pengadilan Korea Selatan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Pendiri dan Pengembang cryptocurrency Luna dan TerraUSD  Do Kwon. Adapun kripto besutan Do Kwon yang ambruk pada Mei mengguncang pasar crypto di seluruh dunia.

Kwon, juga pendiri platform blockchain Terraform Labs, telah dituduh melakukan penipuan oleh investor setelah Luna dan TerraUSD rontok.

"Surat perintah penangkapan telah dikeluarkan untuk total enam orang, termasuk Do Kwon, yang saat ini tinggal di Singapura," kata juru bicara kejaksaan pada Rabu tanpa menjelaskan lebih lanjut,” ditulis Jumat (16/9/2022), dikutip dari CNN.

Kwon tidak segera membalas email Reuters untuk meminta komentar.

Perintah penangkapan datang setelah berbulan-bulan penyelidikan, termasuk operasi pencarian dan penyitaan di kantor terkait dan pertukaran mata uang kripto lokal.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

TerraUSD, yang disebut stablecoin yang pernah berada di antara 10 cryptocurrency teratas secara global berdasarkan nilai pasar, mematahkan patokan 1: 1 terhadap dolar AS pada Mei, merosot nilainya dan mengirimkan token pasangan Luna yang jatuh bersamanya.

Menurut perusahaan analitik blockchain Elliptic, investor dalam dua koin tersebut kehilangan sekitar USD 42 miliar atau sekitar Rp 627,48 triliun (asumsi kurs 14.940 per dolar AS).

Gejolak pasar yang terjadi kemudian menyebabkan kegagalan beberapa perusahaan crypto besar termasuk pemberi pinjaman crypto AS Celsius dan manajer dana crypto yang berbasis di Singapura Three Arrows Capital.

Dalam wawancara video Agustus dengan platform media crypto Coinage, Kwon mengatakan telah pindah ke Singapura karena kekhawatiran tentang keselamatan keluarganya dan menolak saran relokasi itu karena kecelakaan atau upaya untuk menghindari penyelidik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.