Sukses

Pasar Kripto Anjlok Pengaruhi Harga Jam Tangan Mewah, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan harga kripto yang terjadi belakangan ini ternyata tak hanya berdampak untuk industri dan investor, tetapi juga pada harga jam tangan mewah. 

Pasokan jam tangan mewah yang paling dicari di pasar barang bekas meningkat, karena banyak orang kaya menjual jam mereka. Hal ini memberikan tekanan yang membuat harga rendah untuk model jam tangan Patek Philippe dan Rolex.

Perusahaan yang berbasis di Karlsruhe, Jerman, Chrono24 mengungkapkan ada lebih dari 500.000 jam tangan dijual di situs webnya, mencatat penurunan harga cryptocurrency baru-baru ini secara langsung memengaruhi pasar barang bekas.

“Runtuhnya pasar, secara langsung berdampak pada harga jam tangan mewah dari merek seperti Rolex dan Patek Philippe,” ujar phak perusahaan dikutip dari Finbold, Senin (1/8/2022). 

Harga Kripto Mempengaruhi Pasar Jam Tangan Mewah

Harga mata uang kripto yang sebelumnya meroket tinggi telah menciptakan kelas baru pembeli barang mewah, menghasilkan kenaikan harga yang belum pernah terlihat sebelumnya untuk beberapa model, terutama yang diproduksi oleh Rolex, Audemars Piguet, dan Patek.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Memiliki Sejarah Bersama

Pelanggan ini berkurang sekarang karena sejumlah besar token digital telah kehilangan nilai signifikan dari harga tertinggi sepanjang masa. Bahkan banyak dari mereka yang menjual kembali jam mewah tersebut. Karena banyaknya beredar jam tangan mewah bekas di pasaran, membuat harga jam tangan mewah turun. 

Cryptocurrency dan jam tangan mewah sudah memiliki sejarah bersama. Pada Mei, pembuat jam tangan Swiss TAG Heuer mengatakan akan memperkenalkan pembayaran kripto online untuk pelanggannya di AS melalui integrasi dengan Bitpay.

Bulan ini, produsen jam tangan mewah lainnya dari Swiss, Franck Muller, mengumumkan peluncuran koleksi eksklusif Binance NFT dengan arloji edisi terbatas.

Selama masa pandemi, harga jual kembali jam tangan mewah mulai naik dengan stabil, mencapai puncaknya antara Maret dan April 2022. Namun, indeks harga jam tangan mewah turun dari USD 23.000 menjadi di bawah USD 20.000 antara 3 Mei dan 8 Juli.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 1 Agustus 2022

Sebelumnya, mengawali Agustus 2022, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Senin, 1 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali melemah setelah sempat menguat beberapa hari.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin (1/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,39 persen, tetapi masih menguat 2,82 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.489 per koin atau setara Rp 347,9 juta (asumsi kurs Rp 14.815 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) kembali menguat pagi ini, setelah sempat melemah kemarin. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 1,23 persen dan 4,50 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.698 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) harus turun ke zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 1,14 persen, tetapi masih menguat 7,53 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 284,52 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) masih melanjutkan penguatan. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 0,27 persen dan 0,39 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5246 per koin.

Adapun Solana (SOL) pagi ini harus kembali terkoreksi. Sepanjang satu hari terakhir SOL ambles 2,56 persen, tetapi masih menguat 2,86 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 42,87 per koin.

XRP juga kembali melemah pagi ini. XRP turun 0,27 persen dalam 24 jam terakhir. Namun masih menguat 6,22 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3868 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini kompak menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat keduanya masih berada di level USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,08 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam menguat menjadi USD 1,1 miliar dari sebelumnya di level USD 1 miliar.