Sukses

Investasi Kripto Makin Diminati, Pluang Sebut Perlu Ada Edukasi yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan investasi aset kripto di Indonesia menjadi tren utama di kalangan para investor. Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menuturkan, transaksi aset kripto asal Indonesia di pasar global bisa menjadi instrumen tambah nilai ekspor. 

Menanggapi hal tersebut, Head of Financial Education Pluang, Andre Benas mengatakan, dengan edukasi yang tepat, besar harapannya agar para investor diharapkan bisa benar-benar memahami mekanisme aset kripto. 

"Bukan sekadar mengikuti tren investasi yang menyebabkan investor kapok berinvestasi karena kurangnya pengetahuan fundamental tentang faktor-faktor krusial yang mempengaruhi nilai aset kripto,” kata Andre dalam siaran pers, dikutip Selasa (5/7/2022).

Adapun, Andre menuturkan, investasi aset kripto memiliki masa depan yang cerah seiring tingginya adopsi teknologi dan semakin banyak platform investasi yang memfasilitasi aset kripto sebagai pilihan portofolio investasi.

"Para investor melihat aset kripto merupakan komoditas investasi berbasis teknologi yang dipercaya sebagai alat penyimpanan kekayaan dan memiliki kinerja timbal balik yang lebih tinggi dibandingkan kelas aset lainnya,” tutur dia. 

Selain itu, Andre juga menuturkan, aset kripto tetap dipengaruhi oleh kondisi makro ekonomi terutama tingkat suku bunga dan likuiditas keuangan global. Sehingga investor dituntut untuk mengikuti perkembangan pasar dan teknologi blockchain terkini.

Menanggapi tren investasi kripto yang semakin meningkat dan berpotensi mendorong perekonomian nasional, Wamendag, Jerry Sambuaga juga mengimbau para investor aset kripto di Indonesia agar selalu memperhatikan aspek keamanan. 

Bappebti juga telah menyiapkan infrastruktur yang esensial untuk menunjang para investor kripto, seperti lembaga kliring dan dan tempat penyimpanan aset kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pluang Perkuat Layanan Kripto

Sebelumnya, PT Bumi Santosa Cemerlang (BSC) mendapat kepercayaan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk melaksanakan kegiatan sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto melalui Keputusan Kepala BAPPEBTI dengan nomor 012/BAPPEBTI/CP-AK/4/2022. 

BSC merupakan mitra Pluang, platform investasi multi-aset di Indonesia, yang turut dalam memajukan sektor investasi aset digital dan perdagangan aset kripto di dalam negeri.

Pluang berkomitmen mengembangkan platform digital yang mampu memberikan akses perdagangan aset kripto yang aman, terpercaya, serta memudahkan masyarakat dalam berinvestasi di berbagai kelas aset, terutama aset digital.

Dalam siaran pers, Selasa (31/5/2022), Pluang berharap dapat terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya di kalangan anak muda Indonesia, melihat semakin bertumbuhnya minat dan tren berinvestasi saat ini. 

Dengan ini, Pluang bersama BSC mengapresiasi atas arahan yang diberikan Bappebti dalam proses untuk mendapatkan lisensi sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto di Indonesia sehingga para pengguna saat ini dapat melakukan kegiatan perdagangan aset kripto yang sudah terdaftar di Bappebti. 

3 dari 4 halaman

Pertumbuhan Laju Digitalisasi

Tanda daftar yang telah diperoleh BSC merupakan bentuk kepercayaan dan dukungan pemerintah untuk terus berinovasi dalam mempermudah akses investasi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Bappebti mencatat, nilai transaksi aset kripto di Indonesia bertumbuh dari Rp 64,9 trilun pada 2020 hingga mencapai Rp 859,4 triliun pada 2021 dan kenaikan pertumbuhan transaksi aset kripto mencapai 16,2 persen per bulannya. 

Kenaikan nilai transaksi tersebut tak lepas dari meningkatnya jumlah investor aset kripto yang telah mencapai 12,4 juta investor pada Februari 2022. Pertumbuhan angka investor ini merupakan salah satu indikasi pesatnya peningkatan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi kripto.

Pertumbuhan laju digitalisasi yang terlihat dalam perdagangan aset kripto seiring dengan perkembangan Web 3.0, metaverse dan NFT, perlu diimbangi dengan edukasi finansial dan jaminan keamanan platform yang mumpuni. 

Dengan lisensi sebagai calon pedagang fisik aset kripto dari Bappebti, Pluang bersama BSC ingin memaksimalkan potensi keterbukaan akses digital ini untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital guna mencapai kemandirian ekonomi masyarakat di masa depan. 

4 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Investor

Sebelumnya, Pluang juga telah bermitra dengan PT Aset Digital Berkat (Tokocrypto) dan PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex) dalam menyediakan akses investasi aset kripto. 

Oleh karenanya, dengan kehadiran PT Bumi Santosa Cemerlang (BSC), para pengguna Pluang masih dan akan terus bisa berinvestasi aset kripto dengan aman, praktis dan terjangkau. Investasi aset kripto di Pluang bisa dilakukan mulai dari Rp 5.000 dan hanya dengan tiga kali klik saja di aplikasi. 

Diversifikasi portofolio investasi menjadi prioritas yang berkelanjutan bagi Pluang untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang semakin melek investasi dan dapat meraih kebebasan finansial. Baru-baru ini, Pluang juga telah mengantongi lisensi perdagangan emas digital dari Bappebti.

Pluang juga menekankan prinsip 2L untuk menjadi investor yang cerdas, yaitu memperhatikan aspek legal di mana perusahaan tersebut telah memiliki izin dari otoritas berwenang dan logis di mana keuntungan yang ditawarkan masuk akal. 

Terkait dengan investasi aset kripto, beberapa hal yang perlu diperhatikan investor antara lain pemahaman mengenai apa itu aset kripto, mekanisme perdagangannya, risiko yang mungkin timbul akibat volatilitas pasar, memastikan dana yang diinvestasikan bukan dana yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan yang paling penting adalah untuk berinvestasi di jenis aset kripto yang telah ditetapkan oleh Bappebti.