Sukses

Wikipedia Resmi Hentikan Fitur Sumbangan Kripto

Liputan6.com, Jakarta Wikimedia Foundation telah mengumumkan keputusannya untuk menghentikan penerimaan langsung cryptocurrency sebagai sumbangan. Yayasan itu mulai menerima Bitcoin sebagai sumbangan sejak Juli 2014.

Yayasan Wikimedia adalah organisasi nirlaba yang menyelenggarakan Wikipedia dan proyek pengetahuan gratis lain. Wikipedia sendiri adalah ensiklopedia online gratis dengan lebih dari 200 ribu kontributor sukarelawan. 

Organisasi tersebut memposting pembaruan di halaman Wikipedia pada 1 Mei 2022 soal pemberitahuan mengenai pemberhentian sumbangan kripto

“Kami mulai menerima cryptocurrency secara langsung pada tahun 2014 berdasarkan permintaan dari sukarelawan dan komunitas donor kami. Kami membuat keputusan ini berdasarkan umpan balik terbaru dari komunitas yang sama,” tulis Wikipedia, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (21/5/2022). 

“Secara khusus, kami akan menutup akun Bitpay kami, yang akan menghapus kemampuan kami untuk secara langsung menerima cryptocurrency sebagai metode donasi,” lanjut isi pengumuman. 

Seorang editor Wikipedia, Molly White menjelaskan keputusan itu keluar dari diskusi selama tiga bulan yang dimulai pada 10 Januari lalu. Diskusi tersebut berakhir pada 12 April. 

“Total 400 pengguna berpartisipasi, meskipun beberapa adalah pengguna tunggal. akun tujuan dibuat hanya untuk diskusi,” katanya.

Halaman permintaan komentar komunitas Wikimedia menjelaskan argumen umum yang mendukung penghentian penerimaan sumbangan kripto termasuk masalah kelestarian lingkungan.

Seperti diketahui teknologi kripto banyak dikecam karena penggunaan energi dalam jumlah besar yang disebut dapat merusak lingkungan. 

Di sisi lain, sudah banyak argumen dan bukti yang menunjukkan beberapa kripto memanfaatkan energi terbarukan akan lebih ramah lingkungan dalam proses pembuatannya. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.