Sukses

Ungkapan Syukur Menteri Ukraina Atas Sumbangan Kripto saat Paskah

Dia mengatakan setiap sumbangan kripto adalah bentuk memperkuat kemampuan pertahanan Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov, telah mengucapkan terima kasih kepada para penyumbang kripto pada Paskah tahun ini. Dia mengatakan setiap sumbangan adalah bentuk memperkuat kemampuan pertahanan Ukraina.

Pejabat Ukraina itu menulis cuitan pada Minggu waktu setempat, sumbangan kripto adalah untuk kebaikan dan dihabiskan untuk 200 set pelat balistik kelas 4 untuk rompi anti peluru. 

"Semakin lengkap prajurit, semakin cepat hari kemenangan Ukraina," tulis Fedorov dalam cuitannya, dikutip dari FX Empire, Selasa (19/4/2022). 

Negara yang saat ini sedang dilanda perang itu telah menerima sumbangan kripto bernilai  jutaan dolar sejak dimulainya invasi skala penuh Rusia pada Februari 2022. Hal yang menarik adalah sumbangan kripto ini dominasi ethereum dalam penyaluran kemudian diikuti oleh Bitcoin dan Polkadot.

Menurut laporan Financial Times baru-baru ini, pemerintah Ukraina telah menghabiskan setengah dari penggalangan dana kripto untuk ribuan rompi anti peluru, jatah makanan, helm, dan perlengkapan medis. 

"(Mereka) sengaja memilih untuk membelanjakan dana untuk peralatan yang tidak mematikan, agar tidak menghalangi donor di masa depan," isi laporan Financial Times. 

Bantuan untuk Ukraina dibentuk untuk menerima sumbangan dalam sembilan cryptocurrency, termasuk Bitcoin, Ether, Tether, Solana, dan dogecoin. Pada hari kedua invasi, Fedorov memberi tahu wakilnya untuk membuat dompet resmi pemerintah yang dapat menerima pembayaran dalam mata uang kripto.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Donasi Masih Dikumpulkan

Pemerintah Ukraina telah mengumpulkan lebih dari USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun dalam bentuk sumbangan kripto sejak dimulainya perang.

Meskipun ini kecil dibandingkan dengan miliaran bantuan dari IMF dan pemerintah barat lainnya, wakil menteri transformasi digital Ukraina mengatakan kripto telah menjadi “alat perang yang penting”, yang memungkinkan fleksibilitas dan kecepatan.

Banyak platform kripto telah muncul baru-baru ini, untuk menjadi perantara menerima sumbangan dalam kripto, stablecoin, dan NFT.

Misalnya, pendiri pertukaran kripto Ukraina Kuna, Michael Chobanian, mengatakan kepada Associated Press mereka “masih mengumpulkan kripto” untuk membantu Ukraina.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 19 April 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau masih mengalami pergerakan beragam, Selasa pagi, 19 April 2022. Namun, mayoritas kripto jajaran teratas masih berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) berhasil menguat tipis 1,01 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,94 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 40.691,05 per koin atau setara Rp 584 juta (asumsi kurs Rp 14.353 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) setelah kemarin sempat menguat, kini harus kembali melemah. Selama 24 jam terakhir, ETH merosot 1,21 persen. Namun menguat 0,30 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 3.008,99 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juta ikut menguat mengikuti jejak Bitcoin. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 0,42 persen dan 4,37 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 415,53 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) sayangnya masih melemah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA turun 1,39 persen dan 1,77 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,9303 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga kembali melemah hari ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL turun 1,62 persen, tapi berhasil menguat tipis 0,34 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 101,51 per koin.

XRP juga masih bernasib sama sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir, XRP anjlok 1,11 persen. Namun XRP berhasil menguat cukup besar yaitu 8,28 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,7599 per koin. 

Terra (LUNA) berhasil memimpin penguatan hari ini. Terra meroket 10,55 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,09 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 88.89 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama berhasil menguat yaitu 0,01 persen dan 0,13 persen. Dengan begitu, USDT diharga USD 1,00 per koin dan USDC berhasil kembali ke harga USD 1,00.

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Turun Lagi, Ini Kata Analis

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya masih berada di zona merah, Senin, 18 April 2022.Beberapa hari terakhir, pasar kripto menunjukkan pergerakan harga yang cukup bergejolak. 

Pekan lalu misalnya, Bitcoin sempat turun di bawah USD 40.000 atau sekitar Rp 574,4 juta kemudian berhasil kembali di atas USD 40.000 dalam waktu singkat, tetapi harus kembali turun. Begitu juga yang dialami Altcoin deretan teratas lainnya. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin siang, harga bitcoin kembali turun yaitu di level USD 38.947,78. Melihat kondisi pasar kripto hari ini, analis Litedex Protocol, Andra mengatakan, sentimen pasar secara on chain mengarah bearish. 

"Sementara itu untuk data fear and greed index, tingkat kekhawatiran investor terhadap Bitcoin berada di posisi extreme fear yakni di angka 24. secara teknikal, level support 1 Bitcoin berada di USD 37.560, sedangkan support 2 di level USD 34.295. Adapun untuk area resistance 1 di level USD 41.220 dan area resistance 2 berada di level USD 45.180,” ujar Andra kepada Liputan6.com, Senin, 18 April 2022.

Selain itu, Andra menjelaskan, data Glassnode, arus inflow dan outflow, aliran BTC yang masuk ke exchange atau inflow sebesar 7,356 BTC, sementara itu, data outflow atau yang keluar dari exchange sebesar 7.565. Hal tersebut dapat diartikan, inflow lebih rendah dari outflow. 

"Dari data teknikal tersebut, BTC diprediksi akan bergerak sidaway di area USD 37.000 hingga USD 39.000,” ujar Andra.

Kemudian, dari sisi fundamental, Andra menjelaskan sentimen negatif tetap hadir dari ketidakpastian akhir konflik Rusia-Ukraina, yang kini justru makin memanas. Selain itu ketatnya kebijakan moneter Bank Sentral Amerika Serikat membuat likuiditas AS makin menipis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.