Sukses

Carica, Nikmatnya Buah Para Dewa

Citizen6, wonosobo: Jika anda berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng yang berada di daerah Wonosobo, Jawa Tengah, jangan lupa membeli Carica, oleh-oleh khas daerah ini. Banyak orang bertanya apa itu Carica. Carica adalah papaya dataran tinggi yang mempunyai ukuran buah lebih kecil dari pepaya dataran rendah. Carica tumbuh daerah berhawa dingin sehingga hanya akan hidup di daerah dengan ketinggian 1.500-3.000 mdpl( meter diatas permukaan laut).

Buah yang disebut juga sebagai buah para dewa ini mempunyai bentuk yang unik. Carica yang belum matang berwarna hijau gelap dan ketika matang akan berubah menjadi kuning jingga. Carica banyak mengandung kalsium, vitamin C dan A, kalori dan serat yang baik untuk pencernaan.

Namun sayang, kita tidak bisa mengkonsumsi langsung Carica matang, karena mengandung banyak getah sehingga dapat menyebabkan gatal di tenggorokan. Tapi jangan khawatir, masyarakat di daerah Dieng ini telah mengolah Carica dalam bentuk selai, dodol, sirup, jus atau manisan sehingga kita tak perlu besusah payah mengolah carica sendiri.

Harga satu cup manisan carica sangat terjangkau, hanya dengan membayar Rp.3.000,- untuk cup kecil dan Rp.5.000,- untuk ukuran cup besar kita sudah bisa menikmati segarnya buah para dewa dari dataran tinggi Dieng ini. (Elisabeth Sutriningsih/kw)

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.