Sukses

6 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan, dari Kulit Hingga Kesehatan Jantung

Konsumsi tomat dan produk berbahan dasar tomat telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kulit dan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker. Nah, berikut beberapa manfaat tomat bagi kesehatan tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Tomat menjadi sumber utama antioksidan likopen dalam makanan, yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Tomat mengandung sumber vitamin C, kalium, folat, vitamin B dan vitamin K dan nutrisi lainnya.

Konsumsi tomat dan produk berbahan dasar tomat telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kulit dan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.

Nah, berikut beberapa manfaat tomat bagi kesehatan tubuh, seperti melansir dari Webmd, Rabu (10/7/2024).

1. Sistem kekebalan tubuh

Likopen adalah antioksidan-- melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel-sel Anda dan memengaruhi sistem kekebalan tubuhmu.

Oleh karena itu, makanan tinggi likopen, seperti tomat, dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena kanker paru-paru, lambung, atau prostat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat membantu mencegah penyakit pada pankreas, usus besar, tenggorokan, mulut, payudara dan leher rahim.

2. Jantung

Likopen juga dapat membantu menurunkan kadar LDL, atau kolesterol "jahat," serta tekanan darahmu. Dan itu dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena penyakit jantung.

Nutrisi lain dalam tomat, seperti vitamin B dan E serta antioksidan yang disebut flavonoid, juga dapat meningkatkan kesehatan jantungmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Mata

Tomat memiliki zat yang disebut lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi matamu dari cahaya biru yang dihasilkan oleh perangkat digital seperti smartphone dan komputer.

Mereka juga dapat membantu menjaga matamu dari rasa lelah dan meredakan sakit kepala akibat kelelahan mata.

Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa tomat bahkan dapat membuatmu lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami bentuk yang lebih serius dari penyebab utama kebutaan di AS: degenerasi makula terkait usia.

 

3 dari 5 halaman

4. Paru-paru

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat bermanfaat bagi penderita asma dan dapat membantu mencegah emfisema, suatu kondisi yang secara perlahan merusak kantung udara di paru-paru Anda.

Hal ini mungkin terjadi karena likopen, lutein, dan zeaxanthin, serta antioksidan lainnya, melawan zat berbahaya dalam asap tembakau, yang merupakan penyebab utama emfisema.

Para ilmuwan sedang mencoba mempelajari lebih lanjut tentang efek-efek tersebut.

 

4 dari 5 halaman

5. Kesehatan mulut

Penelitian telah menunjukkan bahwa likopen dapat membantu mengatasi penyakit gusi, gingivitis dan periodontitis, dengan cara yang sama seperti membantu mencegah kanker -- dengan melawan radikal bebas.

Namun, mengonsumsi banyak tomat mentah dapat merusak email gigi Anda -- karena kandungan asamnya yang tinggi -- dan menyikat gigi segera setelahnya dapat memperburuknya. Sebaiknya tunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat gigi.

 

5 dari 5 halaman

6. Kulit

Anda tahu topi dan tabir surya dapat membantu melindungi Anda dari sinar matahari. Nah, likopen dalam tomat mungkin juga berfungsi untuk itu, mungkin dengan cara yang sama seperti melindungi tomat.

Likopen bukanlah pengganti tabir surya, dan Anda tidak mengoleskannya pada kulitmu. Namun, hal ini membantu dengan melatih sel Anda dari dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.