Sukses

Kurang dari 4 Bulan Lagi, Deretan Ponsel Android Ini Tidak Akan Bisa Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Deretan HP android dari beberapa merek ini sudah tidak bisa digunakan untuk mengakses WhatsApp lagi di tahun 2024 pada bulan Oktober mendatang.

Liputan6.com, Malang Pengguna HP Android yang sering menggunakan WhatsApp sehari-hari disarankan untuk memeriksa sistem operasi (Operating System/OS) yang digunakan di perangkat masing-masing. Mulai tanggal 24 Oktober 2024, aplikasi WhatsApp dari Meta akan membatasi dukungannya hanya pada versi OS tertentu untuk smartphone Android.

WhatsApp secara rutin meninjau perangkat dan perangkat lunak yang paling sedikit digunakan dan yang paling lama digunakan setiap tahunnya untuk menentukan dukungan yang akan dihentikan. WhatsApp menjelaskan hal ini di laman FAQ mereka, "Kami secara berkala meninjau sistem operasi yang akan kami dukung dan melakukan pembaruan karena perangkat dan perangkat lunak terus berkembang."

Untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp, penting bagi pengguna smartphone Android untuk memeriksa versi OS yang digunakan di perangkat masing-masing. Berikut adalah daftar OS smartphone Android yang tidak lagi mendukung WhatsApp, yang dirangkum dari berbagai sumber, pada tanggal 16 Juni 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

WhatsApp Akan Menghentikan Dukungan Pada Beberapa Versi Android

WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk sistem operasi Android yang lebih lama. Sebelumnya, aplikasi ini direkomendasikan untuk OS Android minimal versi 4.1-4.4. Mulai tanggal 24 Oktober 2024, WhatsApp tidak akan lagi mendukung OS versi tersebut.

Para pengguna WhatsApp yang masih menggunakan smartphone Android versi 4.1-4.4 disarankan untuk memeriksa versi sistem operasinya saat ini.

3 dari 10 halaman

Versi Android yang Masih Bisa Menggunakan WhatsApp

WhatsApp mengumumkan bahwa mulai dari OS Android versi 5.0 (Lollipop) ke atas, HP Android akan tetap mendapatkan dukungan mereka.

4 dari 10 halaman

Perangkat Iphone yang Masih Mendapatkan Dukungan WhatsApp

Bagi pengguna iPhone, WhatsApp akan terus mendukung perangkat dengan iOS 12 ke atas, serta perangkat KaiOS 2.5.0 ke atas, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

5 dari 10 halaman

Update OS Android untuk Bisa Terus Menggunakan WhatsApp

Jika memungkinkan, disarankan untuk memperbarui sistem operasi pada smartphone Android agar dapat terus menggunakan WhatsApp. Namun, jika tidak memungkinkan untuk melakukan pembaruan, lebih baik untuk mempertimbangkan untuk mengganti perangkat dengan versi yang lebih baru.

6 dari 10 halaman

OS Berapa yang Bisa Menggunakan WhatsApp?

Pengguna minimal harus memiliki smartphone dengan OS Android 5.0 (Lollipop) atau versi terbaru untuk bisa bercakap-cakap dengan teman dan keluarganya melalui WhatsApp. Sebelum kebijakan baru ini diberlakukan, yaitu sebelum 24 Oktober 2023, aplikasi WhatsApp masih bisa berjalan di ponsel dengan OS Android 4.1-4.4.

 

7 dari 10 halaman

Android Versi 5.0 Apakah Masih Bisa Menggunakan WhatsApp?

Mulai 1 Maret 2024, WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk perangkat Android versi 5.0, juga dikenal sebagai Android Lollipop.

8 dari 10 halaman

Download WhatsApp Harus di IOS Versi Berapa?

Persyaratan Minimum (Versi 22.13.74) Membutuhkan iOS 12.0 atau versi yang lebih baru.

9 dari 10 halaman

Android 4.4 4 Apakah Masih Bisa Menggunakan WhatsApp?

Semua jenis ponsel, baik Android maupun iPhone, akan terpengaruh oleh kebijakan WhatsApp tersebut. Misalnya, ponsel Android yang masih menggunakan versi Android 4.4.4 tidak akan bisa lagi mengakses WhatsApp, kecuali jika ponsel Anda sudah menggunakan Android 5 atau versi yang lebih baru.

10 dari 10 halaman

Kapan Dukungan WhatsApp untuk HP Android Akan Dihentikan?

Dukungan WhatsApp untuk HP Android versi 4.0 akan mulai dihentikan pada tanggal 24 Oktober 2024. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.