Sukses

Album Baru Taylor Swift Sukses Raih Nomor 1 Di Billboard 200, Terjual 2,6 Juta Kopi

Taylor Swift mengumumkan rencananya untuk merilis album terbaru yang berjudul The Tortured Poets Department. Pengumuman tersebut dilakukan saat dia menerima penghargaan Album Vokal Pop Terbaik dalam acara Grammy Awards 2024.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang diharapkan, The Tortured Poets Department milik Taylor Swift membuat debut yang spektakuler dengan meraih posisi nomor 1 di tangga album Billboard 200 (pada tanggal 4 Mei), menjadikannya album nomor 1 yang ke-14 bagi bintang besar ini. Saat ini, dia menyamai pencapaian Jay-Z untuk jumlah nomor 1 terbanyak di antara penyanyi solo dalam sejarah tangga lagu tersebut yang hampir mencapai 70 tahun. Hanya The Beatles, dengan 19 nomor 1, yang memiliki pencapaian lebih tinggi.

The Tortured Poets Department diluncurkan dengan 2,61 juta unit album setara yang terjual di AS pada minggu yang berakhir pada 25 April, dengan penjualan album secara tradisional (termasuk unduhan digital, CD, vinyl, dan kaset) mencapai 1,914 juta dari total tersebut. Dari jumlah penjualan tersebut, penjualan vinyl mencapai 859.000 unit yang luar biasa. Koleksi 31 lagu dalam versi mewah album ini juga menyumbangkan 891,34 juta streaming resmi on-demand.

Dengan penjualan sebanyak 1,914 juta kopi, The Tortured Poets Department segera menjadi album terlaris tahun 2024 sampai saat ini. Album terlaris kedua, jika dihitung dari penjualan mingguan sejak Januari hingga saat ini, adalah Cowboy Carter milik Beyoncé, dengan total penjualan sebanyak 228.000 kopi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Meraih No 1 di Billboard 200 untuk yang Ke-14 Kali

Dengan mencapai album nomor satu ke-14 di tangga album Billboard 200, Swift menyamai pencapaian Jay-Z dalam jumlah penempatan teratas di antara penyanyi solo. Namun, secara total, hanya The Beatles yang mencatatkan lebih banyak kesuksesan dengan 19 album nomor satu.

Selama perjalanan karirnya, semua 14 album studio utama Swift, mulai dari Fearless tahun 2008 (album keduanya) hingga The Tortured Poets Department tahun 2024, telah berhasil debut di posisi atas.

3 dari 9 halaman

Streaming Terbesar Sepanjang Sejarah

The Tortured Poets Department mengumpulkan 31 lagu dalam edisi mewahnya yang menghasilkan 891,37 juta stream resmi on-demand pada minggu yang berakhir pada 25 April di Amerika Serikat. Ini mencatat minggu streaming terbesar yang pernah ada untuk sebuah album, berdasarkan total stream gabungan untuk lagu-lagunya.

4 dari 9 halaman

Pekan Kedua Terbesar dalam Penjualan Album Setara

Mulai bulan Desember 2014, Billboard 200 mulai menilai album-album yang paling populer setiap minggunya berdasarkan unit album setara. Sebelumnya, chart tersebut hanya dinilai berdasarkan penjualan album tradisional. Sejak perubahan tersebut, The Tortured Poets Department memiliki minggu dengan jumlah unit album terbesar kedua dari semua album.

5 dari 9 halaman

Pekan Ketiga Penjualan Terbesar di Era Modern

Dari total penjualan minggu pertama The Tortured Poets Department mencapai 1,914 juta, dengan penjualan fisik mencapai 1,64 juta (859.000 album vinyl LP — rekor minggu tunggal era modern untuk sebuah album di vinyl, 759.500 CD, dan sedikit lebih dari 21.500 kaset) serta unduhan digital mencapai 274.000.

Taylor Swift menjadi satu-satunya artis dengan tujuh album yang berbeda terjual setidaknya 1 juta kopi dalam satu minggu di era modern. Secara total, telah terjadi 26 kali — dengan 24 album yang berbeda — di mana sebuah album telah terjual setidaknya 1 juta kopi dalam seminggu di era modern. Salah satunya adalah album 25 oleh Adele, yang terjual lebih dari 1 juta kopi dalam tiga minggu terpisah.

6 dari 9 halaman

Pekan Penjualan Album Vinyl Terbesar di Era Modern

Swift masih memimpin dalam penjualan album vinyl, dengan album vinyl The Tortured Poets Department mencapai 859.000 kopi dalam minggu pertama, memecahkan rekor penjualan tertinggi untuk album vinyl dalam era modern. Swift memiliki empat minggu dengan penjualan tertinggi dalam kategori vinyl, dan enam dari sepuluh minggu teratas secara keseluruhan.

7 dari 9 halaman

Kapan Album Terbaru Taylor Swift Keluar?

Setelah sukses dengan The Eras Tour, Taylor Swift kembali membuat para penggemarnya terkejut dengan album terbarunya. Penyanyi yang lahir pada tahun 1989 ini akan merilis album berjudul Departemen Penyair Terpenjara (DPT) pada tanggal 19 April 2024.

8 dari 9 halaman

Taylor Swift Berkarir Umur Berapa?

Pada usia 14 tahun, Swift mulai menulis lagu secara profesional. Kemudian, ia menandatangani kontrak dengan Big Machine Records pada tahun 2005 dan meraih ketenaran sebagai penyanyi pop country dengan album Taylor Swift (2006) dan Fearless (2008).

9 dari 9 halaman

Lagu Taylor Swift Kebanyakan Tentang Apa?

Lagu-lagu Taylor Swift selalu menyajikan kisah yang mendalam tentang kehidupan pribadinya sebagai seorang penyanyi yang lahir pada tahun 1989. Kisah-kisah itu mungkin bersumber dari imajinasi pribadinya atau terinspirasi dari orang-orang di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini