Sukses

Mudah dan Murah, 6 Bahan Alami untuk Atasi Asam Lambung

Meskipun obat-obatan tersedia untuk meringankan gejala asam lambung, ada beberapa pengobatan rumahan yang efektif untuk meredakan asam lambung.

Liputan6.com, Jakarta - Asam lambung menjadi masalah pencernaan umum yang dialami banyak individu karena berbagai faktor seperti kebiasaan makan, stres dan pilihan gaya hidup. 

Meskipun obat-obatan tersedia untuk meringankan gejala asam lambung, ada beberapa pengobatan rumahan yang efektif untuk meredakan asam lambung.

Berikut beberapa cara mengatasi asam lambung dengan bahan alami yang mudah didapat, seperti melansir dari Times of India, Jumat (5/4/2024).

1. Susu dingin

Susu dingin merupakan obat rumahan yang efektif untuk mengatasi keasaman karena membantu menetralkan asam lambung dan meredakan sensasi terbakar. 

Minumlah segelas susu dingin secara perlahan untuk menenangkan lapisan lambung dan mengurangi keasaman. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu untuk meningkatkan efektivitasnya.

2. Teh chamomile 

Teh chamomile memiliki khasiat menenangkan yang bisa membantu mengurangi peradangan pada lapisan lambung dan meredakan ketidaknyamanan lambung. 

Seduh secangkir teh chamomile dengan merendam kantong teh chamomile dalam air panas selama 5-10 menit. Minumlah teh ini setelah makan atau setiap kali Anda mengalami asam lambung atau kembung.

3. Cuka sari apel 

Meski bersifat asam, cuka sari apel bisa membantu menyeimbangkan kadar asam lambung dan mengurangi keasaman. 

Campurkan satu sampai dua sendok makan cuka sari apel mentah tanpa filter ke dalam segelas air. Minumlah larutan ini sebelum makan untuk mencegah keasaman atau selama mengalami asam lambung untuk mengurasi rasa sakit. 

Namun, penting untuk mengencerkan cuka sari apel dengan benar untuk menghindari iritasi. Obat ini telah berhasil pada banyak orang, namun lebih baik tanyakan kepada dokter sebelum mencobanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Teh jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang bisa membantu mengurangi keasaman dan menenangkan sistem pencernaan. 

Untuk membuat the jahe, rebus beberapa potong jahe segar dalam air panas selama sekitar 10 menit. Saring cairannya dan tambahkan sedikit madu atau perasan lemon untuk menambah rasa. Minum teh jahe ini 2-3 kali sehari untuk meredakan asam lambung.

5. Pisang

Pisang kaya akan kalium, yang bisa membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi. Selain itu, pisang mengandung antasida alami yang bisa meredakan asam lambung dengan cepat. 

Makanlah pisang setiap kali Anda merasakan gejala asam ambung atau rasa tidak nyaman pada lambung. Anda juga bisa mencampurkan pisang dengan yogurt untuk membuat smoothie.

 

3 dari 3 halaman

6. Air kelapa

Air kelapa bersifat basa dan membantu menetralkan asam lambung, menjadikannya obat yang sangat baik untuk mengatasi asam lambung. 

Minumlah air kelapa segar secara rutin untuk menjaga hidrasi dan mengurangi gejala asam lambung. Ini juga menyediakan elektrolit penting yang membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.