Sukses

Tips Memilih Mukena Bordir yang Menawan untuk Lebaran 2024

Dalam memilih mukena tidak boleh asal-asalan dan harus mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini adalah tips untuk memilih mukena.

Liputan6.com, Malang Mukena berbordir menjadi salah satu pilihan mukena yang paling diminati oleh wanita muslimah, terutama menjelang Lebaran 2024. Ada beragam model mukena bordir, mulai dari yang memiliki bordiran sederhana hingga motif bordir mewah yang akan membuat penampilan terlihat glamour.

Meskipun terlihat sepele, kamu tidak boleh mengabaikan tips dalam memilih mukena bordir yang sesuai agar pas dengan seleramu. Kualitas bahan mukena yang nyaman saat dipakai juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Berikut adalah cara  untuk memilih mukena berbordir untuk Lebaran 2024 agar penampilanmu semakin menawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Pilihlah Bahan yang Nyaman untuk Digunakan

Sebelum memilih mukena, hal yang paling penting adalah memeriksa kualitas bahan yang digunakan agar kamu merasa nyaman saat beribadah. Berikut adalah beberapa bahan umum yang sering digunakan dalam pembuatan mukena.

Kain Rayon

Kain rayon sering dipakai dalam pembuatan mukena karena sifatnya yang adem, ringan, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Namun, mukena berbahan rayon biasanya lebih rentan terhadap kusut.

Bahan Katun Silk

Katun silk dapat memberikan kesan eksklusif pada pemakainya berkat kilau dan tekstur yang halus. Mukena dengan bahan katun silk sering dipilih untuk acara keagamaan yang istimewa, seperti perayaan Idul Fitri.

Kain Parasut

Mukena dengan bahan kain parasut menjadi pilihan populer untuk mukena yang akan dibawa saat bepergian karena ringan dan mudah dibawa.

3 dari 11 halaman

Pilih Motif Mukena yang Sesuai dengan Seleramu

Mukena bordir hadir dengan beragam motif bordir yang bisa disesuaikan dengan seleramu. Mulai dari motif bunga, daun, hingga motif abstrak lainnya. Saat memilih mukena bordir, pilihlah motif yang paling Anda sukai.

4 dari 11 halaman

Pilih Tipe Mukena Berdasarkan Model Sesuai Seleramu

Seiring perkembangan zaman, beragam model mukena telah muncul, seperti model two pieces, mukena ponco tanpa tudung, dan mukena terusan.

Mukena Ponco, Mukena Tanpa Tudung

Jenis mukena ini tidak dilengkapi dengan tudung, ideal bagi yang ingin menjaga penampilan hijab tetap rapi saat shalat. Cocok dipakai saat berpergian atau di tempat kerja.

Mukena Terusan, Praktis untuk Dipakai

Model ini merupakan pilihan praktis karena tidak memerlukan atasan dan bawahan terpisah.

Mukena Two Pieces, Mukena Konvensional yang Cantik

Model yang paling umum ditemui, merupakan mukena konvensional yang digemari banyak wanita muslimah.

5 dari 11 halaman

Sesuaikan Ukuran Mukena yang Dipilih dengan Ukuran Badan

Agar sholat sah, penting untuk menutupi seluruh aurat. Oleh karena itu, pilihlah mukena yang sesuai dengan ukuran tubuhmu untuk memastikan penutupan aurat yang tepat. Hindari memilih mukena yang terlalu kecil. Sebaiknya pilih mukena dengan ukuran free size atau jumbo size untuk penampilan yang lebih tertutup, sehingga sholatmu menjadi lebih sempurna.

6 dari 11 halaman

Pilih Mukena yang Sudah DIlengkapi dengan Pouch Agar Praktis Dibawa Kemana-mana

Untuk kemudahan saat bepergian, pilih mukena yang dilengkapi dengan pouch sehingga tidak bercampur dengan barang-barang lainnya dalam tas.

7 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Mukena?

Mukena adalah pakaian khusus yang digunakan oleh perempuan Muslim di Indonesia saat melakukan salat.

 

8 dari 11 halaman

Apakah Memakai Mukena Itu Wajib?

Dalam Islam, sebenarnya tidak ada kewajiban untuk menggunakan mukena. Para ulama menjelaskan bahwa pakaian yang dipakai saat salat bisa bermacam-macam, asalkan menutupi aurat dengan sempurna, tidak najis, dan bersih.

9 dari 11 halaman

Apakah Sholat Memakai Kerudung itu Sah?

Menurut Kitab Shalat Empat Mazhab karya Syaikh Abdurrahman Al-Jazairi, menutup aurat merupakan salah satu syarat sah dalam melaksanakan salat bagi umat Islam.

10 dari 11 halaman

Apakah Memakai Mukena Motif Bunga Diperbolehkan?

Ustaz Erick Yusuf, pemimpin lembaga dakwah iHAQi, menyatakan bahwa menggunakan mukena dengan motif atau corak tidak menjadi masalah dalam salat. Sebagai contoh, mukena dengan motif bunga, batik, atau motif lainnya tetap dapat digunakan.

11 dari 11 halaman

Apakah Memakai Mukena Selain Warna Putih Diperbolehkan?

Menggunakan mukena berwarna-warni atau penutup aurat lainnya saat salat adalah sah secara hukum, selama hal tersebut tidak mengganggu khusyuknya dalam melaksanakan salat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.