Sukses

5 Resep Infused Water Menyegarkan, Efektif Tangkal Darah Tinggi

Mengonsumsi infused water ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, loh! Apa saja dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun terakhir ini, minuman infused water mulai populer dan banyak diminati. Berbeda dengan jus buah yang cenderung lebih kental, infused water ini cenderung lebih ringan dan menyegarkan karena terbuat dari rendaman buah atau sayur-sayuran. Rasanya yang segar, membuat minuman buah satu ini banyak dijadikan sebagai opsi minuman yang menyehatkan. 

Adapun salah satu manfaat kesehatan yang didapatkan dari konsumsi infused water adalah mencegah dari naiknya tekanan darah atau hipertensi. Maka dari itu, infused water sangat bisa dimasukkan ke dalam daftar menu pola hidup sehat harian.

Berikut ini disajikan 5 infused water yang bisa dikonsumsi untuk mencegah hipertensi beserta cara membuatnya yang dirangkum dari beberapa sumber pada Selasa (26/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Resep Infused Water Belimbing

Buah belimbing menjadi salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Ini karena, menurut situs hellosehat.com, buah belimbing mengandung kalium yang mana kalium ini mampu melebarkan pembuluh darah. Ketika pembuluh darah melebar, aliran darah bisa jadi lebih lancar sehingga naiknya tekanan darah bisa dihindari.

Untuk membuat infused water sendiri sangat mudah dan simpel. Cukup siapkan 150 gram potongan belimbing dan 500 ml air matang. Rendam potongan belimbing tersebut ke dalam botol yang terisi 500 ml air. Diamkan selama 4-5 jam di dalam kulkas.

3 dari 11 halaman

2. Resep Infused Water Apel

Mengutip informasi dalam buku karya Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., dan Yunita Indah Prasetyaningrum, S.Gz., berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat, air infused water buah apel disebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi.  

Pernyataan ini didukung oleh tingginya kandungan flavonoid dalam buah apel yang ampuh mencegah kerusakan dan penyumbatan pembuluh darah, serta mengandung pektin yang dikenal mampu menurunkan tekanan darah. 

Cara membuat infused water apel adalah dengan rendam 150 gram potongan apel ke dalam 500 ml air matang. Tutup rapat dan simpan dalam kulkas selama 4-5 jam.

4 dari 11 halaman

3. Resep Infused Water Timun

Dilansir dari klikdokter.com, dalam satu buah mentimun terkandung 442 mg kalium yang mana ini termasuk tinggi. Hal ini menjadikan timun sebagai salah satu jenis sayuran yang disarankan bagi pengidap hipertensi karena kalium nya berkhasiat mengendalikan kontraksi dan relaksasi otot jantung agar tekanan darah bisa tetap normal.

Untuk membuat infused water timun, diperlukan 8 gelas air matang, dua mentimun yang dipotong tipis-tipis, sejumput garam (opsional). Campur seluruh bahan ke dalam botol besar atau wadah yang bisa ditutup rapat. Lalu simpan ke dalam kulkas, dan tunggu selama 4 jam atau semalaman. 

5 dari 11 halaman

4. Resep Infused Water Seledri

Sama seperti buah apel, seledri juga mengandung flavonoid yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, dikutip dari hellosehat.com, sayur satu ini juga mengandung phthalates yang berperan untuk membuat otot-otot pembuluh darah jadi rileks agar tekanan darah tinggi dapat turun.

 Untuk membuat infused water nya, cukup rendah potongan 50 gram daun seledri ke dalam 500 ml air. Kemudian simpan ke dalam kulkas selama 4-5 jam.

6 dari 11 halaman

5. Resep Infused Water Lemon

Lemon disebut dapat membantu proses penurunan tekanan darah tinggi. Hal ini sebagaimana hasil dari riset yang dilakukan pada tahun 2014 oleh Kato dkk terhadap 101 wanita di Jepang. Riset ini menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi air perasan lemon setiap hari membantu penurunan tekanan darah secara signifikan. 

Untuk membuat infused water lemon cukup siapkan 100 gram potongan buah lemon dan 500 ml air. Lalu seperti resep-resep sebelumnya, campur jadi satu kedua bahan tersebut. Kemudian tutup rapat dan diamkan di dalam kulkan selama 4-5 jam. 

7 dari 11 halaman

Infused Water Gunanya untuk Apa?

Menjaga keseimbangan cairan tubuh, termasuk melalui konsumsi infused water, diyakini bisa meningkatkan kinerja metabolisme. Sebagai hasilnya, tubuh akan lebih efisien dalam membakar kalori dan mendapatkan energi yang cukup.

8 dari 11 halaman

Apakah Boleh Minum Air Infused Water Setiap Hari?

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah dehidrasi, disarankan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Infused water, bila disiapkan dengan cermat dan benar, merupakan pilihan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

9 dari 11 halaman

Infused Water Minuman Apa?

Suatu kecenderungan yang sedang diminati akhir-akhir ini adalah minuman infused water. Sebagai minuman sehat, ia merupakan kombinasi dari air mineral dan potongan-potongan segar buah, sayuran, herbal, dan rempah-rempah yang dipilih dengan teliti.

10 dari 11 halaman

Apakah Infused Water Bisa Mengecilkan Perut?

Minuman infused water dibuat dari tiga bahan pokok, yaitu air bersih, buah, dan/atau sayuran. Oleh karena itu, berdasarkan penjelasan sebelumnya, minuman ini dapat bermanfaat dalam upaya merampingkan perut yang buncit.

11 dari 11 halaman

Apakah Timun dan Lemon Boleh Dicampur?

Gabungan dari air mentimun serta perasan lemon bisa membantu mengurangi tekanan darah yang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini